Paus Fransiskus: Makna Toleransi dalam Keberagaman

Like

7. Tidak memaksakan keberagaman menjadi sebuah keseragaman. Secara tersirat juga, jika diterjemahkan secara bebas, Paus Fransiskus juga memberikan pesan bahwa politik itu adalah sebuah bentuk ibadah. Jika salah mengambil kebijakan, karena ketidakadilan, maka politik akan menyebabkan konflik. 

8. Pengelolaan sumber daya alam. Dalam kunjungan ke Masjid Istiqlal Paus menyinggung bahwa Indonesia terkenal sebagai negara penghasil emas. Jika memang demikian, maka sebaiknya dilakukan pengelolaan dengan baik, agar tidak langsung habis karena keserakahan, atau bahkan sampai merusak alam. 

9. Pengelolaan sumber daya manusia selaras dengan pengelolaan sumber daya alam. Dengan pengelolaan sumber daya alam yang baik, diharapkan juga agar Indonesia terus menyiapkan generasi yang baik untuk mengelola sumber daya alam tersebut. Jangan sampai pengelolaan tambang tidak membawa pengaruh yang baik bagi perkembangan sumber daya manusia warganya. 

Baca Juga: Momen Bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil!

10. Mempererat lagi persatuan bangsa. Selain para pemimpin yang menyambut dengan baik, kesediaan TNI dan polri yang diberi tugas mengamankan Paus, para wartawan yang lembur demi ketertiban, dan semua masyarakat Indonesia yang berusaha memberi kenyamanan pada Paus Fransiskus dan timnya, menunjukkan bahwa semua komponen dapat bersatu


11. Indonesia itu aman. Seorang santri di acara Rosi menyatakan bahwa, Paus yang menggunakan mobil biasa, dan justru membuka kaca jendela mobilnya, ingin mengatakan pada dunia bahwa Indonesia itu aman.















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung