Mengapa Klaim Asuransi Ditolak? 5 Hal yang Wajib Diketahui Nasabah

Like

4. Klaim Tidak Sesuai dengan Jenis Risiko yang Dilindungi

Polis asuransi memberikan perlindungan atas risiko tertentu, dan jika klaim yang diajukan tidak termasuk dalam cakupan risiko tersebut, klaim tersebut bisa ditolak.

Contohnya, asuransi perjalanan mungkin tidak mencakup kerusakan bagasi yang disebabkan oleh kelalaian sendiri. Jadi, sangat penting bagi Be-emers untuk memastikan bahwa klaim yang diajukan sesuai dengan risiko yang dilindungi oleh polis.

 

5. Mengajukan Klaim di Luar Masa Berlaku Polis

Setiap polis asuransi memiliki masa berlaku dan masa tunggu tertentu. Mengajukan klaim di luar masa berlaku polis atau saat polis belum aktif akan otomatis menyebabkan penolakan.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi: 8 Langkah Menghindari Asuransi Bodong!

Misalnya, untuk asuransi kesehatan, masa tunggu biasanya diterapkan sebelum nasabah bisa mulai mengklaim biaya perawatan tertentu. Be-emers harus memastikan bahwa klaim diajukan pada periode yang tepat agar klaim dapat diterima.


Be-emers, memahami alasan-alasan umum di balik penolakan klaim asuransi adalah langkah awal untuk menghindari masalah tersebut.

Pastikan Be-emers membaca polis dengan teliti, melengkapi dokumen klaim, dan selalu membayar premi tepat waktu agar perlindungan tetap aktif. Dengan begitu, Be-emers bisa memaksimalkan manfaat dari asuransi yang dimiliki dan mendapatkan perlindungan yang optimal.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang asuransi, jangan ragu untuk mencari tahu lebih dalam.













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung