Gen Z Kurang Berminat jadi PNS, Ini Sebab-Sebabnya!

Like

Meski demikian, sebagian besar generasi sekarang sudah paham dan menerapkan dana darurat, antara lain untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya PHK.

Sudah mengatur dan menyiapkan dana pensiun, yang bahkan jumlahnya jauh lebih besar daripada PNS, dengan kepengurusan yang jauh lebih mudah.

Dan juga bisa memilih berbagai macam asuransi, yang jika memilih dengan benar, asuransi tersebut juga justru lebih banyak memberi manfaat dan lebih diterima oleh instansi kesehatan.

4. Kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi menyebabkan banyak pilihan karir yang sebelumnya belum ada, sekarang menarik untuk dieksplorasi. Peluang tersebut antara lain konten kreator, youtuber, afiliator, dan yang lain, yang menjanjikan penghasilan yang lebih besar.

Baca Juga: Pertimbangan Sebelum jadi ASN: Keuntungan dan Kekurangannya!


5. Budaya yang dianggap kurang sehat. Senioritas, Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), Bullying, tidak dinamis dan fleksibel, adalah alasan lain yang menyebabkan gen Z tidak memilih PNS sebagai karirnya.

6. Tidak suka ditempatkan di lokasi yang tidak diinginkan. Meskipun aturan ini sudah sejak dahulu kala dan dipatuhi oleh generasi sebelumnya, namun ini tidak berlaku untuk gen Z.

7. Inovasi dan kreativitas terpangkas, jenjang karir terbatas. Tidak seperti bekerja di sektor swasta, yang inovasi, prestasi seringkali dianggap lebih dihargai dan dapat digunakan sebagai ajang untuk mendapatkan promosi naik jabatan, menjadi PNS ada aturan baku yang dianggap mengurangi inovasi dan kreativitas seseorang, juga untuk naik ke jenjang berikutnya.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung