8 Tips Sehat Walau Sibuk Bekerja

Ilustrasi

Ilustrasi

Like

Pekerjaan yang menumpuk memang seringkali menyita banyak waktu sehingga membuat anda kurang memperhatikan kesehatan dikarenakan lebih mengutamakan pekerjaan. Padahal hal ini tentu saja tak baik bagi anda dan kehidupan anda, karena dapat berpengaruh pada kondisi tubuh anda ke depannya.

Jadi meskipun anda sibuk bekerja anda harus tetap menjaga kesehatan ya. Mau tahu apa saja sih tips sehat walau sibuk bekerja? Nah, artikel ini akan memberikan tips bagaimana cara menjaga kesehatan meski anda sibuk bekerja setiap hari.

Karena terkadang rutinitas pekerjaan yang membuat anda jenuh, seperti berangkat pagi ke kantor dan pulang di malam hari lalu berangkat kerja keesokan harinya sering membuat anda merasa lelah dan stress dengan rutinitas yang itu itu saja, belum lagi jika pekerjaan menumpuk dan mengharuskan anda untuk menyelesaikannya hingga melupakan waktu istirahat. Tak hanya mudah terserang stress tubuh pun akan mudah terserang penyakit dikarenakan hal tersebut.

Maka dari itu, jika anda tak pintar menjaga kesehatan dengan bijaksana mengatur waktu kerja, niscaya anda akan mudah terserang penyakit di usia yang masih relatif muda. Bekerja memang penting ya, namun menjaga kesehatan jauh lebih penting. Apa gunanya jika anda memiliki banyak uang namun diserang berbagai macam penyakit.

Kondisi tubuh yang prima dan pikiran yang tetap segar dan terhindar dari stress juga akan membuat anda mampu menyelesaikan semua pekerjaan anda dengan baik dan tentunya tepat waktu, nah maka dari itu coba deh baca 8 tips sehat walau sibuk bekerja di bawah ini ya!


Sediakan Waktu Untuk Istirahat Sebentar

Mengistirahatkan tubuh menjadi salah satu kewajiban yang harus anda lakukan  meski dalam keadaan sibuk bekerja. Anda harus tetap menyediakan waktu meskipun hanya sebentar untuk beristirahat sejenak. Setelah anda melakukan kegiatan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya anda istirahatkan tubuh anda sebentar saja untuk bersantai. Karena tubuh anda bukanlah mesin yang bisa digunakan tanpa istirahat sama sekali ya.

Menyempatkan Diri Untuk Mencari Hiburan

Rutinitas pekerjaan terkadang tak hanya membuat anda lelah tapi juga mengalami stress, jika sudah begini sebaiknya anda menghentikan pekerjaan dan kegiatan anda untuk mencari hiburan walau sesaat. Ketika tubuh anda mengirimkan signal bahwa tubuh anda sudah lelah, anda bisa mulai melakukan kegiatan yang menarik perhatian anda seperti menonton tv, mendengarkan musik, nonton ke bisokop atau sekadar hang out ke kafe bersama teman. Bekerja memang penting, tapi menikmati kehidupan dan berinteraksi dengan orang lain juga penting loh. Hal ini akan membuat tubuh anda tetap merasa fresh meski sibuk bekerja.

Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Kekurangan cairan bisa membuat anda kehilangan konsentrasi pada saat bekerja, sehingga meski sibuk anda tetap harus memenuhi kebutuhan asupa air putih di dalam tubuh anda agar tidak mengganggu pekerjaan anda. Sakit kepala menjadi salah satu tanda jika tubuh anda kekurangan cairan sehingga anda bisa mulai untuk memnuhi kebutuhan asupan air putih dengan 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.
 

Air minum

Air minum


Mengurangi Kafein

Banyak orang yang menjadikan kopi untuk menemani mereka bekerja dengan asumsi secangkir kopi mampu meningkatkan semangat serta dapat membuat anda tak mudah mengantuk. Namun sebenarnya cara ini salah loh, karena kafein yang berlebihan masuk ke dalam tubuh membuat anda mudah gelisah dan mengganggu sistem pencernaan tubuh. Pastinya tidak mau dong jika hal ini sampai terjadi pada anda ketika sedang serius bekerja. Jadi mulai tuh, kurangi kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya ya.

Menghindari Junk Food

Kesibukan biasanya mempengaruhi pola makan, tak hanya suka telat makan tapi kesibukan terkadang membuat anda mengkonsumsi sembarang makanan sehingga tak jarang sibuknya pekerjaan membuat anda lebih memilih untuk memesan atau membuat makanan cepat saji, agar lebih mudah dan praktis. Tapi meski junk food bisa membuat anda kenyang, ternyata makanan ini tak sehat loh karena mengandunga kalori, lemak, dan kadar gula yang cukup tinggi akan tetapi miskin kandungan serat, protein, vitamin dan juga mineral sehingga mengkonsumsi junk food tidak disarankan terutama bagi anda yang setiap hari sibuk bekerja. Agar tubuh tetap sehat meski sibuk, mulai sekarang hindari deh mengkonsumsi junk food dan mulai untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral biar tubuh tetap seimbang.

Tidur Dengan Cukup

Meskipun dalam keadaan sibuk, usahakan untuk tetap memiliki waktu tidur dan mengatur waktu istirahat anda. Tetap usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup ya. Waktu tidur sendiri bisa disesuaikan berdasarkan usia, untuk usia orang dewasa waktu tidur yang baik sekitar 6 hingga 8 jam. Usahakan juga untuk tidak begadang sepanjang malam untuk menyelesaikan pekerjaan. Lebih baik anda tidur lebih awal agar bisa bangun di pagi hari dengan kondisi tubuh yang lebih segar sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Tidak Bekerja Tujuh Hari Dalam Seminggu

Sesibuk apapun anda, jangan sampai anda bekerja selama 7 hari dalam satu minggu atau tidak ada waktu istirahat sama sekali untuk anda. Bijaksanalah dalam mengatur waktu ya, jangan hanya mengutamakan pekerjaan saja, karena anda pun memiliki kepentingan lain yang juga harus diberikan waktu untuk itu. Seperti berkumpul bersama keluarga, teman atau menikmati waktu untuk sendiri atau me time. Untuk menjaga tubuh anda tetap segar dan terhindar dari stress.

Sediakan Waktu Untuk Berolahraga

Menyempatkan waktu untuk berolahraga tetap penting loh meski pekerjaan anda sangat banyak dan menunpuk, jangan lupa untuk tetap berolahraga walau hanya sebentar. Anda bisa berlari santai berkeliling sekitar rumah selama setengah jam saja, atau melakukan peregangan sebentar jika memang tak memiliki waktu sama sekali untuk keluar. Hal ini dilakukan untuk menjaga fisik anda tetap bugar. Jadi sesibuk apapun, olahraga tetap penting ya.

Sudah tahu kan, apa saja yang harus anda lakukan agar tubuh anda tetap sehat meski sibuk bekerja. Mengejar karier memang boleh saja ya, tapi menjaga kesehatan harus menjadi prioritas utama. Karena tentu bukan rahasia lagi, jika kesehatan mahal harganya. Karier dan uang yang bisa anda raih tak akan mampu membeli kesehatan anda.

Selain itu menjaga kesehatan tubuh juga akan berpengaruh pada kesehatan mental anda, makanya selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga perlu agar hidup anda seimbang dan anda bisa menjalani kehidupan dengan baik. Sukses dalam bekerja dan juga sukses dalam hal lainnya.

Mudah-mudahan 8 tips sehat walau sibuk bekerja di dapat bermanfaat untuk anda dan membuat anda lebih peduli akan kesehatan ya. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.