Cara Menghasilkan Uang dari Blog

ilustrasi blog: istimewa

ilustrasi blog: istimewa

Like

Pada tahun 2019 tercatat data penggunaan smartphone di Indonesia lebih banyak dibanding dengan jumlah penduduknya. Dengan jumlah penduduk sebanyak 268 juta jiwa, angka pengguna smartphone mencapai 355 juta  pengguna. Yang menandakan bahwa satu orang penduduk memiliki lebih dari 1 gawai dalam genggaman mereka. Sementara penggunaan Internet juga terus meningkat hingga tercatat di angka 155 juta pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2019.

Di era digital saat ini, sebagian besar orang menggunakan smartphone dan koneksi internetnya untuk melakukan pencarian berbagai macam informasi. Di sinilah blog turun berperan dalam memberikan informasi dan juga review review produk yang dicari.

Jadi apakah bisa menghasilkan uang dengan blog yang kita miliki? Jawabannya, tentu saja bisa. Jadi apa sih langkah awal yang harus dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog?

1. Buatlah blog menggunakan Top Level Domain

Di awal membuat blog, biasanya kita menggunakan jasa penyedia blog gratis seperti blogspot atau wordpress. Agar blog lebih mudah menghasilkan uang, selanjutnya gunakanlah Top Level Domain berbayar seperti .com, .co, atau .id. Domain TLD ini biasanya dicari oleh beberapa brand untuk menguatkan backlink web produk mereka.


2. Isi blog dengan hal-hal informatif

Temukan satu topik yang ingin kamu tulis. Pilih topik yang memang kamu minati dan sukai. Fokuslah dengan berbagi hal-hal informatif mengenai topik tersebut. Hingga blog kamu memiliki kategori sendiri. Misalnya, kategori Beauty, Lifestyle, Otomotif atau Gadget. Rutin menulis artikel-artikel informatif, juga berpengaruh terhadap nilai Domain Authorithy (DA) dan Page Authorithy (PA) blog kita, yang nantinya akan berguna saat kita menjual 'backlick' dari blog yang kita miliki.

3.  Rawatlah aset sosial media yang kamu miliki

Saat ini biasanya brand atau agency mencari blog yang sepaket dengan sosial media. Jadi aset aset sosial media juga sangat penting untuk seorang blogger. Merawat aset sosial media kita bisa dengan cara, mengisinya dengan konten-konten atau foto-foto keseharian kita yang aestetik dan informatif. Usahakan juga untuk menambah followers atau friends pada sosial media yang kita miliki. Saat ini, rata-rata brand atau agency menghendaki sosial media dengan friends atau followers minimal 1000 - 5000 untuk diajak bekerja sama.

4. Bergabunglah dengan Komunitas Blogger

Komunitas Blogger dapat dengan mudah kita temui pada platform media sosial Facebook. Dengan bergabung dengan komunitas blogger, kita akan mendapatkan lebih banyak informasi untuk mengembangkan blog kita dan juga mendapatkan ajakan ajakan kerjasama dengan brand yang biasanya disebar di setiap komunitas blog. Bergabunglah dengan komunitas blogger yang cocok untukmu, beberapa Komunitas Blogger seperti Komunitas Emak Blogger, Blogger Perempuan atau Indonesia Social Blogpreneur.

5. Pasanglah Google Adsense pada blog kita

Google Adsense merupakan iklan yang ditayangkan di blog kita. Nantinya kita akan mendapatkan komisi uang dari setiap iklan yang diklik oleh pembaca blog kita. Sebelum mendaftarkan blog kamu untuk Google Adsense, pastikan blog kamu memiliki pageview yang baik dan juga konten-konten menarik dan informatif yang rutin di-post ya. 

Itu dia 5 cara untuk menghasilkan uang dari blog kita. Kelima cara diatas harus kamu lakukan dengan rutin dan kesabaran. Karena blog baik dan berkualitas yang kelak mampu menghasilkan pundi-pundi uang, tidak bisa didapatkan dengan sekejap mata. Jadi, teruslah semangat menulis dan mengembangkan blog yang kamu miliki ya!