5 Tips Punya Tim Konten yang Awet dan Tahan Lama Supaya Bisnismu Langgeng

Tips dan Trik Membangun Tim Konten yang Awet (Sumber gambar: Freepik.com)

Tips dan Trik Membangun Tim Konten yang Awet (Sumber gambar: Freepik.com)


Beberapa waktu lalu, jagat media sosial, terutama dari media sosial berbagi video pendek TikTok, tengah dihebohkan dengan berita pecahnya tim konten asal Kota Serambi Mekkah, Aceh, yakni Abdi Maulana dan juga Amar Faris.

Keduanya adalah influencer Aceh yang punya ciri khasnya masing masing. Abdi dikenal sebagai influencer yang kerap berperan sebagai fans MU, sedangkan Amar Faris memiliki branding kuat menjadi seorang wibu.

Di banyak konten terbarunya, baik itu TikTok atau Instagram, keduanya tampak tidak lagi bersama. Berita perpecahan tim konten atau influencer seperti ini sendiri, bukanlah berita baru dalam jagat dunia hiburan, terutama dalam industri konten media sosial, yang lagi hits sekarang ini.

Sebelumnya kita juga telah dihebohkan dengan berita perpecahan tim konten Maell Lee dan juga Marco. Jauh sebelum itu juga ada tim konten Chandra Liow dan juga Reza Arap.

Tim konten Last Day Production, kalau di luar negeri kita bisa menyebut nama Smile Squad, dan masih banyak lagi.


Perpecahan tim konten ini sendiri disebabkan oleh banyak hal. Yang paling umum mungkin adalah perbedaan pandangan.

Di sini, mimin tidak akan membahas lebih jauh tentang mengapa tim-tim konten di atas mengalami perpecahan. Tentunya sudah bukan hak mimin untuk mengomentarinya lebih jauh. Cukup yang bersangkutan saja, yang memberikan keterangan lebih lanjut.

Mimin hanya berharap ada jalan terbaik untuk tim konten yang berpecah belah di atas, meraih kesuksesannya masing-masing.

Lalu, adakah tim konten yang sampai saat ini masih awet?. Ada banyak contohnya, kita bisa menyebut tim konten May I See sebagai salah satu contoh nyatanya.
 

Sumber: YouTube @MAYISEE

Sumber: YouTube @MAYISEE

Tim konten yang beranggotakan Faiz, Satrio, Raka, dan Ponco ini terkenal awet dari dulu. Kiprahnya dalam dunia konten hiburan media sosial sudah jauh dimulai sejak September 2017. Mereka memulai karir content creatornya di kanal YouTube.

Lalu, bagaimana sih caranya menjalankan tim konten yang awet tahan lama?.

Nah, di dalam artikel ini, mimin akan membagikan 5 tips dan trik sederhana agar tim konten bisa awet lebih lama. 5 tips dan trik ini, adalah opini pribadi penulis. Jika kamu punya tips dan trik tambahan, kamu bisa saja menambahkannya di kolom komentar.

Baca Juga: Takut Cerai Setelah Menikah, Pertimbangkan 5 Aspek Ini Sebelum Menjalin Rumah Tangga!


5 Tips dan Trik Sederhana Agar Tim Konten Awet Tahan Lama

1. Posisi Sama Rata, Menghargai dan Menghormati Pendapat Satu Sama Lain

Tips dan trik sederhana pertama untuk membangun dan menjalankan tim konten yang awet tahan lama adalah dengan berpegang teguh pada prinsip “Posisi Sama Rata”. Tidak ada individu yang merasa lebih berjasa daripada individu lainnya. Ingat bahwa semua hasil yang didapatkan adalah hasil dari jerih payah bersama bukan individu.

Hargai dan hormati pendapat yang muncul dari setiap anggota tim konten yang ada. Ini bukan berarti kita menghilangkan bentuk apresiasi terhadap ide anggota yang berhasil. Apresiasi tetap harus diberikan dan dibutuhkan. Apresiasi tentu akan memotivasi anggota tersebut atau anggota lain untuk berpacu memberikan ide konten menarik.

Apresiasi sama pentingnya dengan saran dan juga kritik. Keduanya tidak dapat dipisahkan begitu saja. Apabila prinsip ini dipegang baik-baik, maka jelas tidak akan ada individu tertentu yang terkena starboy sindrom.