Pelaku UMKM Merapat, Pilih Jasa Maklon atau Produksi Sendiri?

Jasa maklon jadi pilihan untuk menekan budget pelaku usaha (Foto. Freepik.com)

Jasa maklon jadi pilihan untuk menekan budget pelaku usaha (Foto. Freepik.com)


Di era saat ini banyak peluang bisnis yang bisa kamu coba, mulai dari kuliner hingga bisnis skincare dan ragam jenis lainnya.

Peran sosial media tentu saja penting untuk kegiatan bisnis kamu gengs, terlebih kalo kamu punya banyak followers.

Produk yang kamu jual akan laris manis dalam sekejap, dan tentunya pundi-pundi cuan bertambah. Namun bagi kamu yang baru akan memulai bisnis, jangan hilang semangat ya gengs.

Kamu bisa pilih antara makloon atau memulai produksi sendiri. Berikut hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskannya, cek dulu ya!
 

1. Pakai Jasa Maklon Produk jadi Lebih Cuan?   

Pada dasarnya makloon merupakan kerjasama dengan pihak ketiga untuk memproduksi suatu produk maupun barang, sesuai dengan branding yang telah disepakati.

Keuntungan makloon yaitu efisiensi biaya produksi dan beban operasional. Sehingga bisa lebih fokus pada target marketing, dan penjualan. Kamu bisa membuat produk tanpa memiliki mesin maupun alat produksi lainnya, sehingga sangat menghemat biaya investasi.


Baca Juga: Bisnis Maklon Makanan dan Minuman, CUAN untuk Pelaku UMKM?

Selain itu makloon bisa menekan permodalan biaya kamu, lalu dapat dialokasikan ke hal lain. Produk kamu dapat dieproduksi dengan skala besar dalam waktu yang singkat, namun kualitas dan spesifikasinya kamu sendiri yang menentukan.

Beberapa jenis makloon yang bisa kamu coba diantaranya yaitu, makloon kosmetik, makloon makanan, makloon pakaian, makloon produk farmasi, alat rumah tangga, serta barang konsumtif lainnya.

Dalam proses makloon biasanya produsen menentukan minimum order barang yang akan kita pesan, jika telah sesuai dengan ketentuan, maka pesanan kamu akan dapat diproses.