Pelaku UMKM Merapat, Pilih Jasa Maklon atau Produksi Sendiri?


2. Produksi    

Jika kamu ingin memulai bisnismu dengan memproduksi barang sendiri, maka kamu perlu mempersiapkan budget dan perencanaan yang matang ya gengs.

Sebelum proses produksi berjalan, kamu harus memilih bahan baku, alat produksi, karyawan, dan sistem berjalan nya produksi tersebut. Let's say kamu ingin memproduksi snack viral, maka kamu perlu menyiapkan resep andalan kamu supaya sesuai dengan target pasar dan permintaan konsumen.

Kamu juga perlu menyiapkan alat produksi yang akan kamu pakai, packing dan lain sebagainya. Kelemahan menjadi produsen yaitu kamu akan kehabisan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Baca Juga: Jasa Maklon, Apakah Menguntungkan Bagi UMKM?

Namun kamu bisa menentukan quantity produk sesuai pesanan, maupun sesuai dengan stok yang kamu inginkan walau dalam skala kecil saja. Selain itu kamu harus mendaftarkan produk kamu agar terkonfirmasi ke Halalan nya, serta wajib mengajukan bersertifikasi BPOM.


Menentukan budget atau biaya produksi sangat penting untuk memulai bisnis, pastikan kamu telah menguasai pasar dan target marketing. Tentukan pilihan sesaui dengan kebutuhan dan kemampuanmu ya, agar bisnismu lancar jaya.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung