Menghadapi Lingkungan Kerja Toxic, Apakah Resign Selalu jadi Solusinya?

Like

Apakah Keluar Menjadi Solusi Satu-Satunya?

Keluar, mungkin kata-kata tersebut selalu berputar di kepala ketika rasa tidak nyaman dirasakan di tempat kerja. Namun, sebelum mengambil keputusan perlu dipertimbangkan dengan kepala dingin. 

Sebelum memutuskan untuk keluar, pertimbangkan untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Evaluasi Situasi 

Jika ada potensi untuk memperbaiki situasi tidak ada salahnya untuk dicoba. Apakah lingkungan toxic ini memang telah membudaya atau hanya disebabkan oleh beberapa individu?

Dari pertanyaan ini akan dapat menjawab masih ada kesempatan untuk mengubah lingkungan kerja menjadi lebih sehat? 

Jika masalahnya hanya terbatas pada perilaku beberapa orang, mungkin ada cara untuk mengatasinya tanpa harus meninggalkan pekerjaan.
 

2. Bicarakan Masalah dengan Atasan 

Komunikasi adalah kunci hubungan dengan seseorang begitu juga dengan atasan. Bicarakan secara profesional mengenai ketidakpuasan dan kekhawatiran be-emers.

Terkadang, atasan tidak menyadari masalah yang sedang terjadi, dan percakapan terbuka bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki situasi.

 

3. Cari Dukungan dari Rekan Kerja 

Selain dengan atasan cobalah berbicara dengan rekan kerja secara terbuka. Bisa jadi rekan kerja juga merasakan hal yang sama, sehingga kemudian bisa diambil solusi tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dan llingkungan kerja sehat kembali didapat. 
 

4. Fokus pada Pengembangan Diri 

Setiap orang pernah berada dalam situasi yang sulit. Namun, kita harus tetap fokus pada pengembangan diri. Jangan biarkan lingkungan toxic menghalangi perkembangan karir dan diri kita. Hal tersebut bisa dimulai dengan evaluasi diri sendiri terlebih dahulu.

Perbaiki kesalahan dan selesaikan kesalahan pahaman dengan atasan atau rekan kerja. Sehingga lingkungan kerja kembali nyaman. 

Baca Juga: Lingkungan Kerja Toxic Mengganggu? Coba 6 Cara Ini Sebelum Resign
 

Pertimbangan Sebelum Keluar Kerja

Jika langkah-langkah yang telah dilakukan tidak juga memperbaiki keadaan dan keluar menjadi satu-satunya jalan. Maka, tetaplah bersikap profesional. Selesaikan masalah yang ada dan keluarlah sebagai pemenang bukan pecundang. 


#Mon-FridayChallengeSeptember












---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung