9 Tips dan Kiat Mudah Lolos Tes CPNS 2024

Like

Kiat Keempat: Harus Tahu Syarat dan Ketentuan

Mengikuti tes CPNS ada syarat-syaratnya, ada ketentuan-ketentuannya. Ada syarat dan ketentuan. Memangnya, yang bisa membuat syarat dan ketentuan cuma operator seluler? 

Memahami sedari awal tentang syarat dan ketentuan ini sangat penting. Ibaratnya dan itimurnya, kita mau berperang, maka harus tahu strateginya. Harus tahu musuh yang akan dihadapi. Harus tahu medannya, meskipun kamu bukan orang Medan. Semestinya, mengenal medan laga lebih awal, maka kamu akan lebih siap, apalagi jika nama kamu Awaludin. Itu jelas lebih awal daripada yang tidak punya nama itu! 
 

Tips Kelima: Memahami Tanggung Jawab Jabatan

Sesuaikan jabatan yang akan dilamar dalam CPNS dengan minat, kualifikasi, dan bakat. Jika jurusanmu Ekonomi, jangan lamar yang formasi tenaga kesehatan. Sebab, itu tidak cocok, meskipun kamu rajin berolahraga dan makan-makanan sehat, tetap jurusanmu tidak akan cocok.

Baca Juga: Keuntungan Kerja PNS, Ini Kelebihanya Dibanding Sektor Lain

Jadi, memang sedari awal, pilih jurusan yang nantinya akan dibutuhkan dalam formasi CPNS. Jangan cuma yang dilihat formasi dance JKT-48. Lebih tidak nyambung lagi itu.

 

Kiat Keenam: Mengerti Lokasi Tes

Wah, capek juga, ya, menulis sampai di sini! Mungkin kamu baru tahu, 'kan, ada penulis yang mengeluh capek menulis begini? Cuma di sini, kamu bisa menemukannya, hehe. 


Lokasi tes CPNS itu biasanya diadakan di sekolah, kampus, maupun mungkin instansi pemerintah. Tidak pernah saya temukan ada tes CPNS di kafe, apalagi bioskop. Setiap lokasi tes CPNS, sudah ada pembagian para pesertanya.

Kursi-kursinya sudah diberi nomor. Jadi, jangan minta nomor cantik kepada panitia, meskipun kamu memang cantik. Sebab, nomornya sudah begitu, ya, Cantik!