9 Tips dan Kiat Mudah Lolos Tes CPNS 2024

Like

Kiat Ketujuh: Jangan Lupa untuk Istirahat 

Mungkin kamu sudah belajar keras, ini maksudnya belajar memecahkan batu, ya? Kan memang batu itu keras. Maksudnya, dalam arti lain, kamu sudah belajar dengan mengerahkan segenap jiwa, raga, dan pikiran agar bisa lolos tes CPNS.

Namun, yang namanya manusia, pastilah bukan robot. Kamu butuh istirahat. Ingat istirahat, kalau masih jomblo. Kalau sudah menikah, bisalah diganti dengan istrirahat. 

Saya masih ingat tips dari guru SMA saya. Berhari-hari kita belajar demi sebuah tes. Pagi, siang, sore, malam, bahkan tengah malam, terus belajar. Namun, saat satu hari sebelum tes, jangan belajar! Ya, betul, kamu tidak salah membaca, hari terakhir sebelum tes, jangan belajar.

Jangan buka buku sama sekali. Pokoknya, santai-santai saja, mungkin bisa dengan jalan-jalan, main game sewajarnya, maupun tidur! 

Itu ibaratnya adalah proses mengendapkan. Segala materi yang sudah masuk di otak, perlu diendapkan. Jika kamu masih belajar satu hari sebelum tes, maka endapan itu tidak akan terbentuk. Akan teracak-acak lagi. Selain itu, kondisi psikologismu juga akan terganggu.


Kamu masih merasa tegang, itu jelas akan berpengaruh pada pelaksanaan tes nanti. Santai saja, nikmati saja ujian yang ada. 

Baca Juga: Persiapan Mental untuk Tes CPNS: Cara Mengatasi Kecemasan dan Tetap Fokus
 

Tips Kedelapan: Persiapkan Dokumen

Persyaratan untuk mengikuti tes CPNS pastilah membutuhkan dokumen-dokumen tertentu. BIasanya KTP, ijazah, surat lamaran, dan sebagainya.

Persiapkan sebaik mungkin dan selengkap mungkin. Jangan dokumen-dokumen yang tidak perlu, misalnya: buku tabungan orang tua kamu, surat cinta waktu mereka masih pacaran, atau malah sertifikat rumah dan tanah. Buat apa, lho? Termasuk sertifikat lomba mewarnai waktu kecil, lebih tidak dibutuhkan lagi. 

 

Kiat Kesembilan: Serahkan Semua Kepada Allah

Kiat ini yang paling penting dan menjadi ujung dari segala perjuangan kamu. Sudah berikhtiar, meminta iizin dan rida orang tua. Sudah latihan, sudah belajar, sudah mandi juga. Maka, selanjutnya adalah menyerahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Ingat konsep rezeki, bahwa rezeki itu tidak akan tertukar. Kalau kamu ditakdirkan jadi CPNS, maka Insya Allah akan benar-benar kamu dapatkan. Namun, jika kamu tidak ditakdirkan, masih banyak, kok, pekerjaan lain yang tidak kalah menariknya. 

Itu saja sembilan tips dan kiat yang saya tulis berurutan. Setelah tips, selanjutnya kiat, begitu terus bolak-balik. Kalau tidak percaya, coba baca lagi di atas. Tips itu bukanlah penyakit, kalau itu namanya tipes. Kiat juga bukan jenis mobil, kalau itu namanya Fiat.

Saya ucapkan, selamat mengikuti tes CPNS. Semoga berhasil. Semoga bisa lolos sesuai harapanmu dan orang tuamu. Jika sudah berhasil dan lolos, tidak usah ajak saya makan atau traktir saya makan. Cukup transfer saja. Eh! 

#Mon-FridayOktober














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung