9 Tips dan Kiat Mudah Lolos Tes CPNS 2024

Like

Berlomba-lomba Menjadi CPNS

Beranjak dari persepsi status sosial CPNS yang lebih tinggi di masyarakat, maka tentu saja anak-anak muda berlomba-lomba ingin menjadi CPNS. Mereka ingin menjadi abdi negara, walaupun namanya memang bukan Abdi, melainkan Slamet atau malah yang perempuan bernama Wartiyah.

Harapannya, menjadi CPNS bisa memperbaiki taraf kehidupan keluarga. Mendapatkan gaji rutin tiap bulan, tunjangan tiap bulan, perjalanan dinas dibiayai negara, bisa menginap di hotel berbintang dengan gratis. Terus, saat sudah tidak bekerja lagi, mendapatkan uang pensiun dari negara juga. SIapa, sih, yang tidak mau?

Namun, menjadi seorang CPNS pastilah tidak mudah. Ibaratnya, tidak mudah membalikkan telapak tangan, apalagi tangannya kapalan. Pasti dengan adanya kapal-kapal di tangan itu, lebih berat tangan untuk dibalik, ya? Apalagi kapalnya besar seperti kapal pesiar. Tambah susah dibalikkan, Gaes!

Menjadi CPNS tidak mudah karena harus melalui serangkaian tes yang disyaratkan oleh negara. Itupun yang mengikuti harus memenuhi usia tertentu. Balita tidak bisa ikut tes CPNS. Apalagi orang yang sudah meninggal, jelas sangat tidak bisa. Setahu saya, maksimal usia 35 tahun pas! Usia 35 tahun lewat satu hari, tidak bisa ikut. Jangan karena sudah lewat, terus disuruh putar balik, ya! Sama sekali tidak bisa, lah yauw!

Lalu, bagaimana agar bisa lolos CPNS? Saya merangkumnya dalam sembilan tips di bawah ini! Mana, mana? Sabar, kita ganti subjudul dulu, ya! Meskipun ganti subjudul, tidak perlu pakai sub ayam, karena di situ yang benar "sup", bukan "sub".


Baca Juga: Apakah Menjadi PNS Masih Menarik Bagi Gen Z?
 

Tips Pertama: Buat Jadwal Secara Teratur

Yang namanya tes, itu seharusnya memang harus dengan belajar, kecuali tes urin dan tes darah. Saya merasa bersyukur, tanpa harus belajar, tiap tes darah, selalu mendapatkan hasil A, karena memang begitulah adanya. 

Fokus pada materi-materi yang akan diujikan di tes CPNS nanti. Tentunya, buku seputar tes CPNS sudah sangat banyak. Carilah di toko buku, bukan di toko bangunan! Pelajari dan bagi waktu untuk materi-materi tersebut. 
 

Kiat Kedua: Pelajari Kisi-kisi Materi CPNS

Kisi-kisi ini biasanya adalah kecenderungan soal yang akan muncul dalam tes CPNS. Biasanya, dari tahun ke tahun, ada kesamaan, ada kemiripan, ada polanya. Kalau mau tahu pola lebih lanjut, coba datang ke penjahit. Eh, itu malah pola lain. 

Begitu banyak contoh soal CPNS dari tahun ke tahun. Lagi dan lagi, bisa dipelajari dari buku-buku yang ada.

Modal sedikit, lah, untuk membeli buku tes CPNS yang harganya lumayan itu. Korbankan dulu ngopi-ngopi. Kalau mau ngopi yang murah, datang saja ke tempat fotokopi. Tidak perlu sampai ke mall atau kafe yang mahal itu 'kan?
 

Tips Ketiga: Latihan Mengerjakan Tes CPNS

Mungkin ada bagusnya, membuat kelompok belajar bersama teman-teman. Memang tidak bisa sembarangan memilih kelompok belajar. Jangan membuat kelompok belajar tes CPNS dengan anak TK maupun anak SD. Jelas tidak akan nyambung.

Mungkin dengan teman satu angkatan, teman satu geng, maupun teman sepermainan. Kalau ingat "teman sepermainan", jadi ingat dulu "Teman Tapi Mesra" yang dibawakan Ratu.