Membeli Skincare yang Aman, Begini Caranya!

Like

Cek skincare di situs tertentu. Situs-situs penilaian kosmetik, seperti SkinCarisma, GoodGuide, EWG, dan SkinDeep, dapat membantu Anda mengetahui apakah sebuah produk skincare benar-benar mengandung bahan-bahan organik dan natural.

Cari Data Material Safety Data Sheet (MSDS). MSDS adalah dokumen yang menyediakan informasi tentang konten dan kelayakan keselamatan produk, termasuk skincare. Bisa dicari di internet, dan itu tersedia secara publik.

Perhatikan sertifikasi lain. Seperti Halal, SNI, dan BPOM. Sertifikasi halal misalnya, yang dilakukan oleh MUI, hanya akan diberikan kepada produk-produk yang memenuhi standar keamanan, keberkesanan, dan keteraturan syariah Islam.

Bicara dengan ahli kesehatan kulit. Berbicara dan menanyakan suatu produk skincare dengan seorang dermatolog atau dokter umum langganan, dapat membantu Be-emers memilih produk yang tepat.

Uji coba skincare. Lakukan uji coba skincare tanpa langsung menerapkannya pada wajah. Bisa dilakukan dengan uji kekebalan tes, yaitu dengan mengoleskan sedikit produk skincare pada daerah sensitif di lengan dan lihat reaksi apa yang terjadi. Atau uji patch, yaitu dengan menempatkan kecil potongan kain atau plester yang sudah dilapisi dengan produk skincare pada daerah sensitif di lengan Be-emers.


Beli percobaan dulu. Beli percobaan dulu untuk mengetahui bagaimana produk tersebut akan bekerja dengan kulit Anda sebelum membeli botol penuh.

Baca Juga: Waspada Terhadap Mafia Skincare! Begini Cara Memilih Produk yang Aman

Tetap sederhana. Tidak perlu membeli semua produk dari brand tertentu. Cukup membeli salah satu produk yang berfungsi tertentu. Membeli berbagai rangkaian produk skincare berlebih, justru bisa membuat kulit Be-emers terlalu sensitif karena kerusakan skin barier.

Dokter di balik peracik formulasi. Produk skincare yang memiliki dokter ahli sebagai salah satu peracik formulasinya, lebih bisa dipercaya daripada tidak. Apalagi jika dokter tersebut memiliki klinik yang sudah lama dan dipercaya pelanggan.

Ulasan pembeli. Untuk hal ini memang butuh waktu, tapi ulasan pembeli cukup membantu.
 

Mahal tidak Selalu Baik

Produk natural dan alami. Membeli produk yang mengandung bahan-bahan alami bisa lebih mahal dari produk yang mengandung bahan-bahan sintetis, namun bahkan produk-produk yang mahal juga mungkin tidak selalu lebih baik dan cocok untuk kulit penggunanya.

Kalahkan hypes. Produk skincare yang mahal sering mengikuti trend dan mendorong konsumen untuk membeli produk-produk yang lebih mahal, tetapi tidak selalu lebih efektif.

Tidak sesuai dengan jenis kulit. Meskipun produk skincare mahal, dan mungkin memang benar mengandung bahan-bahan terbaik, tetapi jika tidak sesuai dengan jenis kulit, maka skincare itu tidak akan berpengaruh terhadap kulit. Bahkan bisa jadi akan mengurangi kesehatan kulit.










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung