Jadi Food Vlogger Bijak, Begini Tips & Triknya!

Like

4. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Santun

Ulasan yang baik adalah ulasan yang disampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun. Tidak menggunakan kata-kata kasar atau menghina. Apa yang disampaikan reviewer adalah cerminan dari dirinya sendiri. 
 

5. Berikan Kritik yang Membangun

Setiap orang boleh memberikan kritik. Dengan memberikan kritik yang membangun kita tidak akan rugi. Karena setiap apa yang tabur pada akhirnya akan kita tuai juga. Jadi sebagai reviewer, kita tidak hanya mengkritik tetapi juga memberikan solusi. 

Be-emers, dengan memberikan solusi tepat, nilai plus juga akan kita dapat karena hal ini menujukan integritas sebagai reviewer. 
 

6. Niat Baik dan Jujur

Lakukan dengan jujur dan sertai dengan niat yang baik. Karena kejujuran merupakan dasar
dari ulasan yang baik. 

Baca Juga: Intip 5 Jenis Konten Tiktok Ini Biar Masuk FYP
 

7. Relevan

Buatlah ulasan yang informatif, bermanfaat dan relevan. Sehingga apa yang disampaikan meyakinkan pembaca atau penonton, bukan sekadar omongan yang asal-asalan. 
 

8. Dengarkan Masukan dari Audiens

Jangan sepelekan audiens karena bagaimana pun  juga, sumber feedback yang sangat berharga bagi seorang reviewer. Karena itu kita juga harus terbuka pada kritikan audiens. 

 

9. Jangan Cepat Mengambil Kesimpulan

Sebelum membuat penilaian final, sebaiknya kita pertimbangan ulang agar tidak tergesa-gesa dan kita juga dalam kondisi yang siap dari segala segi. 
 

10. Netral

Hal yang terpenting adalah kita harus netral sebagai reviewer. Jangan memberikan penilaian karena preferensi pribadi maupun tekanan dari pihak luar. Sehingga pandangan kita benar-benar objektif.

Be-emers, pada dasarnya reviwers juga manusia biasa seperti orang lain. Sangat tidak bijaksana jika memberikan penilaian negatif tanpa alasan jelas. Terlebih merasa diri berhak memberikan penilaian semaunya. 

Menjadi seorang reviewer bijak memerlukan tanggung jawab, riset yang mendalam, serta kemampuan untuk menyampaikan kritik yang membangun dengan bahasa yang santun.  

Dengan prinsip-prinsip bijak, kita bisa menjadi reviewer yang dihormati dan dipercaya oleh audiens, tanpa merugikan pihak lain.














---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung