Pentingnya Trademark untuk Usaha: Identitas Brand hingga Proteksi Bisnis

Like

Mengulik Sistem Trademark di Indonesia

Bedah Buku The Power of Trademark

Bedah Buku The Power of Trademark


Sistem pendaftaran trademark di Indonesia sendiri menggunakan sistem first to file. Di mana, mereka yang mendaftarkan merek pertama dan telah lolos uji kelayakanlah yang memiliki hak atas merek tersebut. 

Lantas, pertanyaanya bagaimana jika merek yang saya daftarkan diajukan juga oleh pihak lain?

Menurut Agung Indriyanto, S.H., M.H.  Koordinator Pemeriksa Merek-DJKI Kemenkumham RI, ketika merek yang kita miliki didaftarkan oleh orang  lain, maka mereka tidak akan lolos uji kurasi. 

Begitupun, jika memiliki kemiripan sebagai pemilik merek kita bisa mengajukan banding. Apalagi jika mereka yang sudah dipatenkan, maka pemilik merek berhak untuk mengajukan banding, mengajukan somasi, atau melakukan negosiasi jika mereknya digunakan. 

Misalnya, kata galaxy sudah dimiliki oleh pelaku usaha asal Indonesia di tahun 80-an,. Ketika Samsung ingin masuk dengan brand Samsung Galaxy, akhirnya mereka mengajukan negosiasi.


Awalnya, harga mendaftar trademark hanya 80.000, sang pemilik merek mendapatkan negosiasi harga hingga miliaran rupiah di tahun berjalan. 

Itulah pentingnya, mendaftar merek bagi seorang pelaku usaha. Nah, kalau kamu be-emers, sudahkah kamu mendaftar merek untuk usahamu?