Potensi Kripto sebagai Mata Uang Global, Kelebihan dan Kekurangannya

Like

Keunggulan Kripto

  1. Tanpa perantara. Kripto dapat memungkinkan adanya transaksi tanpa perantara, seperti bank atau perusahaan pembayaran, yang dapat mengurangi biaya dan mempercepat transaksi.
  2. Tidak terbatas. Kripto dapat digunakan di seluruh dunia, dan transaksi tidak terbatas oleh batas negara.
  3. Untuk semua jenis aktivitas. Kripto bisa digunakan untuk mendukung berbagai jenis aktivitas ekonomi seperti pedagang, pengembang, dan lembaga keuangan.
  4. Kemudahan dan fleksibilitas. Kripto dapat menawarkan kemudahan dan fleksibilitas transaksi yang tidak tersedia dengan mata uang tradisional.

Baca Juga: Tantangan dan Keuntungan Kripto Sebagai Mata Uang Global


Kekurangan Kripto 

  1. Volatilitas. Nilai kripto dapat mengalami fluktuasi yang signifikan dalam waktu singkat, yang dapat membuat kripto ini tidak cocok untuk menyimpan nilai. Dan volatilitas ini tidak hanya berpengaruh terhadap kripto itu sendiri, tetapi juga pada perekonomian, seperti resesi dan inflasi.
  2. Belum ada jaminan fisik. Sebagian ahli ekonomi menyatakan bahwa kripto hanya ada di dunia maya, yang jika terjadi sesuatu di dunia maya tersebut, tidak ada yang mengembalikan aset fisik. 
  3. Masalah keamanan. Kripto menawarkan anonimitas dan keamanan, yang dapat membuat kripto dianggap cocok untuk kegiatan ilegal seperti penyalahgunaan dan perdagangan narkoba.
  4. Peraturan. Ada masih banyak kekurangan dalam regulasi kripto, yang dapat membuat mereka tidak stabil dan tidak terjamin. Selain itu, setiap pemerintah juga harus mendefinisikan dan menetapkan peraturan terkait dengan kripto, sehingga kripto dapat diterima secara luas sebagai cara untuk mengatur perdagangan internasional.
  5. Isu energi. Algoritma penambangan kripto menggunakan banyak energi listrik, yang dapat menimbulkan isu lingkungan.










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung