5 Tips Membangun Pertahanan Finansial yang Kokoh, Anti Menghamburkan Uang!

Like

3. Hindari kondisi lebih besar pasak daripada tiang

Arti dari paribahasa ini adalah hindari atau usahakan jangan berada pada kondisi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. 

Gaya hidup masyarakat saat ini sering mengakibatkan pengeluaran meningkat seiring bertambahnya penghasilan, apabila diteruska hidup dengan kondisi seperti itu akan menyebabkan kita berhutang kepada orang lain untuk mencukupi kebutuhan tersebut. 

Alangkah baiknya kita berhati-hati dan mencermati setiap pengeluaran kita.

Baca Juga: Potensi Kripto sebagai Mata Uang Global, Kelebihan dan Kekurangannya
 

4. Hindari terihat kaya

Sikap terlihat kaya bisa jadi malah membuat kita menjadi bangkrut alias tidak mempuyai apa-apa. Alih-alih kaya beneran, sikap ingin terlihat kaya yang tidak diimbangi dengan kemampuan malah akan memperburuk kondisi keuangan kita.
 

5. Cari circle pertemanan yang tepat

Circle pertemanan yang tepat akan membantu kita menjadi kaya, karena teman-tean yang tepat akan membantu kita untuk berhemat dan mencermati financial kita.


Begitu pula sebaliknya apabila kita berteman dengan orang-orang yang salah akan membuat kondisi keuangan kita menjadi lebih buruk.






---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung