Likes
2. Kenali Batasan dalam Berbagi Cerita Pribadi
Memang sangat wajar membangun hubungan dekat dengan rekan kerja. Namun, bagikanlah informasi yang bersifat positif atau ringan saja, misalnya tentang hobi atau pencapaian yang relevan.Hindari cerita yang terlalu pribadi atau kontroversial.
3. Berhati-hati dalam Grup Chat dan Media Sosial
Banyak tempat kerja menggunakan grup chat untuk berkomunikasi. Tetaplah fokus pada topik pekerjaan dan hindari membagikan cerita pribadi atau terlalu banyak opini pribadi di ruang komunikasi tersebut.4. Pertimbangkan Dampak Jangka Panjang
Pikirkan apakah cerita atau informasi yang akan dibagikan berpotensi memengaruhi pandangan rekan kerja atau atasan terhadap kalian. Jika jawabannya "ya," lebih baik simpan cerita itu untuk teman atau keluarga dekat di luar kantor.5. Jaga Privasi Digital
Jika menggunakan media sosial untuk terhubung dengan rekan kerja, batasi konten yang bisa mereka lihat melalui pengaturan privasi. Pilih dengan bijak siapa yang bisa melihat postingan kalian, terutama jika hal itu menyangkut opini atau cerita pribadi.6. Cermati Isu yang Sensitif
Hindari membahas isu sensitif seperti politik, agama, atau keuangan, yang bisa memicu perdebatan atau memengaruhi hubungan kerja. Sebaiknya fokus pada topik yang netral dan profesional.Baca Juga: Stop Oversharing! Enggak Semua Orang Kantor Bisa Dipercaya
7. Pahami Budaya dan Kebijakan Perusahaan
Beberapa perusahaan memiliki kebijakan terkait komunikasi dan kerahasiaan, terutama mengenai informasi yang dibagikan di dalam maupun di luar pekerjaan. Patuhi pedoman tersebut agar tidak melanggar batasan yang berlaku.8. Jangan Terlalu Banyak Berbagi di Momen Bersama
Acara sosial kantor kadang terasa lebih santai, tetapi tetap penting untuk menjaga profesionalitas. Usahakan agar percakapan tetap ringan dan santai dan hindari mengungkapkan cerita yang bisa merusak citra kalian di depan rekan kerja atau atasan.Menjaga batasan dalam berbagi akan membantu Be-emers tetap profesional dan menjaga hubungan yang sehat dengan rekan kerja di tempat kerja. Jadi, hubungan kerja pun bisa tetap berjalan lancar.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung
Komentar
14 Nov 2024 - 12:06
Seringkali orang salah kaprah dengan oversharing agar diterima. Sayangnya, hal itu tak terjadi. Bahkan sebaliknya. Bahaya sangat besar.