17 Pelajaran Hidup dari Drakor It's Okay to Not Be Okay!

Pelajaran hidup dari drakor it's okay to be not okay (Format: twitter.com)

Pelajaran hidup dari drakor it's okay to be not okay (Format: twitter.com)

Like

Siapa yang belum streaming drama korea yang satu ini? Buat kamu yang belum nonton drama ini, yuk buran nonton. Gak bermaksud untuk spoiler, tapi mau kasih tau kamu bahwa film ini benar-benar memberi banyak perspektif tentang kehidupan kita.

Film yang diperankan oleh Kim Soo Hyun sebagai Ko Moon Young seorang penulis dongeng yang digambarkan sebagai wanita berhati dingin dan kejam.

Kim So Hyun, Moon Gang Tae yang digambarkan sebagai seorang pekerja keras yang harus menjaga kakaknya yang menderita down syndrome.

Oh Jung Se berperan sebagai kakaknya. Lalu, yang terakhir Park Gyu Young, perawat cantik teman masa lalu Ko Moon Young. 

Kalau biasanya film korea akhir-akhir ini banyak bercerita tentang romansa. Untuk drama korea (drakor) It's Okay to Not Be Okay ini benar-benar recommended banget. Seluruh genre film seperti dipadukan di sini.


Mulai dari kisah cinta, keluarga, hingga kepribadian bisa terungkap dalam film ini. Nah, buat kamu yang sudah menonton semoga bisa memetik hal-hal yang baik yah dari film tersebut.

Yuk, sama-sama lihat, ini dia pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drakor It's Okay to Not Be Okay!


1. Jangan Cepat Menilai Seseorang 

Hindari menilai orang dengan cepat, padahal kamu baru bertemu. Atau kamu mungkin sudah bertemu sudah lama, namun ketika bertemu kamu tetap membawa masa lalu seseorang. Hindari hal ini, jangan menjadi seorang yang skeptis.


2. Hadapi Masalah, Jangan Lari!

Belajar dari kisah hidup Moon Gang Tae, ia selalu lari dari masalah dan pasrah terhadap kehidupannya. Sampai akhirnya ia mau memutuskan ‘rantai lehernya’. Seperti kisah dongeng yang dibuat Ko Moon Young mengenai anjing yang selalu menangis.


3. Jujur Pada Diri Sendiri

Jangan memaksakan diri, katakan tidak jika memang tidak bisa. Memaksa diri terkadang justru mengacaukan keadaan. Kenali siapa dan apa mimpimu.

Lalu kejarlah, kata-kata ini bukan mendukungmu untuk tidak keluar dari zona aman, ya! Pastikan memilih yang kamu sukai.


4. Berpikir Sebelum Bertindak 

Moon Sang Tae, kakak dari Gang Tae yang mengidap down syndorme selalu mengatakan untuk berpikir sebelum bertindak.

Paling tidak dua bersaudara ini selalu mengatakan untuk menghitung 1-3 ketika sedang marah. Apakah kemarahanmu akan menyelesaikan perkara?


5. Hargai Diri Sendiri

Jika kamu merasa sudah banyak berusaha, berkorban dan lelah. Tidak masalah jika kamu istirahat sejenak. Hargai dirimu, lakukan hal yang kamu suka, beristirahatlah.

 Hidup itu adalah perlombaan. Kamu tidak harus menyelesaikannya dalam satu waktu. Pikirkan saja apa yang membuatmu senang dan lakukan. 


6. Selalu Membutuhkan Orang Lain 

Sekuat apapun kamu, Gang Tae pada akhirnya menyadari bahwa kita akan selalu membutuhkan orang lain untuk mengisi kekurangan dan menopang kita. 


7. Bersyukur Adalah Kebahagiaan

Harta yang banyak, karir yang menjulang tinggi bukan kebahagiaan. Belajar dari Ibu perawat cantik Park Gyu Young yang selalu mengajarkan arti kesederhanaan dan bersyukur. 


8. Over Protective Tidak Baik 

Ini tips untuk para orang tua dan orang-orang dewasa jangan terlalu takut untuk apa yang terjadi pada anakmu atau adikmu.

Terkadang memberikan ruang justru akan membuat mereka berkembang dan bertumbuh lebih baik. Beri ruang seseorang untuk mengenal siapa dirinya dan apa tujuannya, jangan selalu menuntut. 


9. Hati-hati dengan Perkataan 

Perkataan bisa saja menjadi pengalaman buruk seseorang terhadap dirinya. Untuk itu, hati-hati dengan perkataanmu, perkataan bisa membangkitkan semangat, juga bisa mematikan karakter. 


10. Dewasa Tidak Tergantung Umur 

Ayah Mun Young salah menilai anaknya yang akan bertumbuh menjadi monster atau psikopat juga sama seperti Ibunya. 
Dibandingkan dengan orang-orang yang berada di rumah sakit jiwa lainnya.

Mun Young tergolong anak kecil yang bertumbuh baik, resilien, dan hebat. Meskipun latar masa kecilnya yang sangat buruk, ia tidak terhalang untuk bertumbuh dan menjadi orang yang hebat. 


11. Memaafkan dan Merelakan 

Saat kamu memaafkan pastikan kamu merelakan. Memaafkan bukan tindakan jika kamu tidak merelakannya.

Perawat cantik menyukai Gang Tae dan membeci Ko Mun Young karena masa lalunya. Namun, akhirnya ia mampu memaafkan dan merelakan. 


12. Jangan Memanfaatkan Orang 

Pernahkah kamu merasakan ditemani ketika dibutuhkan saja? Ini adalah perasaan yang tidak mengenakkan.

Untuk itu, berkaryalah dari hasil usahamu sendiri bukan karena menumpang pada popularitas dan karya seseorang.

Ini terjadi pada musuh-musuh Lee Sang In, yang selalu mencari celah supaya diberikan bayaran untuk tutup mulut atas perilaku kejam Ko Mun Young. 


13. Menyendiri itu Penting 

Saat kamu sedang panik, takut, marah, menepilah terlebih dahulu. Cari tempat untuk tetap tenang, supaya kamu bisa berpikir jernih. Berekasi saat sedang marah, bisa membuatmu menjadi orang yang gegabah. 


14. Keluarga Tidak Selalu Berhubungan Darah 

Ko Mun Young, Sang Tae dan Gang Tae akhirnya menjadi saudara meskipun Ko Mun Young tidak datang dari keluarga yang sama.

Keluarga punya makna yang universal. Keluarga adalah tempat yang menjadi sandaranmu dan tempatmu berpulang kembali tanpa syarat.


15. Jangan Remehkan Pengidap DownSyndrome

Sering kali banyak orang malu jika memiliki anak, saudara, bahkan berteman dengan seorang yang mengidap Down Syndorme.

Namun, menurut fakta Centre for Disease Control and Prevention, mereka memiliki keterampilan dan talenta tersendiri. Jadi, jangan membuat mereka merasa kesepian. Tapi, rangkullah dan bersahabat dengan mereka. 


16. Tidak semuanya memiliki jawaban 

Jangan selalu mempertanyakan mengapa hal ini terjadi, hal itu terjadi, dan lain sebagainya. Jalani saja, karena dengan sendirinya kamu akan tahu mengapa hal ini terjadi dan mengapa seseorang bersikap seperti itu. 


17. Tidak Ada Kata Terlambat 

Kita semua pasti pernah memiliki trauma, perasaaan kecewa terhadap apa yang ada di masa lalu kita, bukan? Terlepas dari kenangan masa kecil yang buruk atau peristiwa lainnya yang baru kamu dapatkan dan terus berulang. 

Lepaskan saja, fokus pada mimpimu, hal yang membuatmu bahagia. Semuanya akan menemukan jalannya sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup yang baru. Menurut Gang Tae, hidup itu tergantung pada realitas yang kamu pilih.

Jadi mana yang kamu pilih teman-teman? Realitasmu yang buruk? Terkadang hal buruk tidak selalu buruk, kok.

Awal memang selalu buruk, namun jika dijalani dengan setulus hati, dengan sikap yang positif tentu realitas yang baikpun akan muncul dengan sendirinya. Jadi, pikirkanlah yang baik tentang dirimu, maka yang baik akan mengelilingimu! 

Wah, keren ya film ini. Kamu bisa menonton serial drama ini di Netflix dan beberapa platform life streaming online lainnya. Teman-teman jangan lupa simak inspirasi-inspirasi lainnya di Bisnis Muda.