Pengin Produktif Kerja Remote? Ini Tips yang Bisa Kamu Lakukan!

Cara agar kamu tetap produktif selama kerja remote (Foto Freepik.com)

Cara agar kamu tetap produktif selama kerja remote (Foto Freepik.com)

Like

Kerja remote atau bekerja dari rumah semakin popular sejak covid hingga kini. Namun, ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi agar kerja remote itu tetap produktif dan sukses. 

Salah satu tantangannya adalah produktivitas yang gampang menurun. Tanpa pengawasan langsung, sering kali kita merasa lebih mudah terdistraksi dan pekerjaan jadi tertunda.

Selain itu, kepercayaan diri bisa berkurang karena tidak adanya interaksi langsung dengan rekan kerja atau atasan.

Ada juga kemungkinan miskomunikasi karena komunikasi yang lebih banyak dilakukan melalui pesan teks atau video call.

Baca Juga: 3 Profesi yang Punya Peluang Kerja Remote di Perusahaan Luar Negeri
 

Tips Agar Kerja Remote Tetap Produktif

Untuk mengatasi tantangan tersebut, ada beberapa tips sukses yang bisa diterapkan agar kerja remote tetap berjalan lancar:

1. Jadwalkan kegiatan setiap hari

Tentukan jam kerja yang jelas, seperti saat bekerja di kantor.  Untuk bekerja di remote, Anda perlu buat sendiri timetable atau jadwal.


Jadwal yang perlu dibuat persis seperti jadwal kerja onsite, Anda juga harus mengikutinya secara disiplin meskipun tidak dipantau oleh atasan, teman.
 

2. Komunikasi yang baik dengan tim

Pastikan selalu berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan mengenai progres pekerjaan. Gunakan aplikasi komunikasi seperti Slack, Microsoft Teams, atau Zoom untuk tetap terhubung.
 

3. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Periksa peralatan kerja seperti komputer, internet, dan alat lainnya sebelum memulai bekerja. Pastikan semuanya dalam kondisi baik agar tidak mengganggu produktivitas.