Update Saham Bisnis Muda, Edisi 13 Agustus 2020

Update Saham Bisnis Muda

Update Saham Bisnis Muda

Like

Sejak pembukaan, IHSG masih mampu menghijau di sesi pertama perdagangan bursa hari ini (13/8). Lima menit setelah dibuka, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melesat lebih dari 0,70 persen ke level 5.275,52. 

Penguatan di awal pembukaan bursa itu membawa 10 sektor kompak bergerak positif, dengan dipimpin oleh sektor agri sebesar 1,5 persen. Meski begitu, IHSG sempat tergelincir sesaat ke zona merah pukul 9:55 WIB.

Hingga akhir sesi pertama perdagangan, IHSG menguat tipis 0,10 persen ke level 5.238,54. Terpantau 6 dari 10 sektor masih bergerak positif, dengan penguatan yang dipimpin oleh sektor konsumer sebesar 0,73 persen.

Penguatan sektor konsumer, salah satunya, juga dipicu saham Unilever (UNVR) yang berhasil melonjak hingga 1,24 persen di sesi I perdagangan bursa hari ini. Adapun, saham Indofood (INDF) juga menguat hingga 1,77 persen lho, Be-emers.

Penguatan IHSG ini terjadi seiring menghijaunya Bursa Asia dan Australia di pembukaan pagi ini. Begitu juga dengan laju Wall Street dan Bursa Eropa yang terpantau menguat.
 

Kinerja Emiten

Sementara itu, di sepanjang semester pertama 2020, kinerja sejumlah emiten tembakau masih terpantau moncer nih. Padahal dikutip dari Bisnis, adanya PSBB serta PHK di masa pandemi, sempat membuat daya beli masyarakat terhadap rokok berkurang lho.


Di saat emiten rokok seperti HMSP dan GGRM mengalami penurunan laba, Indonesian Tobacco (ITIC) dan Wismilak International (WIIM) justru sebaliknya. Pendapatan ITIC di semester I/2020 meningkat hingga 27,39 persen.

Dengan meraih pendapatan lebih dari Rp100 miliar, ITIC berhasil meraih pertumbuhan laba bersih hingga 324,39 persen. Lonjakan laba bersih juga terjadi pada WIIM, dengan perolehan sebesar lebih dari 400 persen!

Adapun, lonjakan laba tersebut dipicu oleh pendapatan WIIM yang juga meningkat hingga 27,71 persen. Kinerja cemerlang yang diraih WIIM tersebut berasal dari penjualan dua produk kretek unggulannya.

Wah, akankah emiten rokok kembali mencatatkan kinerja moncer di semester II tahun ini?

Yuk, cek juga kabar lainnya seputar pasar modal di sini: