Tips Menabung Saat Pandemi? Harus Bijak Kelola Keuangan!

Tips menabung saat pandemi (Format: Pixabay.com)

Tips menabung saat pandemi (Format: Pixabay.com)

Like

Adanya pandemi sangat berdampak pada bidang perekonomian tanah air. Tak hanya itu, setiap orang juga merasakan jika di saat ini kondisi keuangan cukup memprihatinkan lantaran penghasilan yang berkurang.

Kebutuhan yang semakin bertambah sedangkan pendapatan yang diperoleh menurun, membuat kamu harus bijak dalam mengelola keuangan. Bahkan kamu pun perlu menyisihkan uang sebagai cadangan di masa depan.

Memastikan agar penghasilan bisa mencukupi kebutuhan memang tampak sulit. Akan tetapi kamu tetap bisa menyimpan sisa pendapatan dengan menerapkan beberapa tips menabung saat pandemi berikut.


1. Mencatat Pengeluaran dengan Detail

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar kebutuhan bisa tercukupi dengan penghasilan yang diperoleh, yaitu dengan mencatat pengeluaran. Meskipun uang yang dikeluarkan dalam jumlah sedikit, kamu tetap harus mencatatnya.

Mencatat setiap pengeluaran bertujuan agar kamu bisa meninjau kembali berapa uang yang dihabiskan selama satu bulan. Perhitungan tersebut meliputi tagihan kredit, listrik, makan sehari hari dan lainnya. 

Selain mencatat pengeluaran selama satu bulan, kamu juga perlu mencatat perhitungan uang yang dikeluarkan selama dua bulan hingga tiga bulan sekali. Hal ini akan mempermudah dalam memahami cash flow dengan baik.



2. Tentukan Kebutuhan yang  Harus Dipenuhi

Setelah melakukan pencatatan, maka kamu akan mengetahui mana kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan mana yang hanya keinginan belaka Kamu juga harus konsisten dalam menerapkan tips menabung saat pandemi ini dengan menunda membeli barang yang diinginkan.

Tentunya kamu bisa menunda keinginan yang memang kurang urgent. Dengan menghilangkan daftar keinginan dari list kebutuhan di bulan yang akan datang, maka jumlah pengeluaran akan semakin berkurang. 

Pasalnya beberapa orang seringkali tergoda untuk membeli keinginan sebelum penghasilan digunakan untuk kebutuhan. Kamu bisa membeli barang yang diinginkan baru setelah kondisi keuangan stabil.


3. Prioritaskan Utang dan Cicilan

Selain mendaftarkan kebutuhan yang harus dipenuhi, anda juga perlu mencatat utang yang harus dibayar. Jika cicilan dibiarkan terus menerus maka bunga akan semakin bertambah.

Tidak ada pilihan lain jika kamu sudah memilih kredit kecuali dengan membayarnya. Sebaiknya gunakan kartu kredit di saat yang benar benar diperlukan saja sebagai salah satu tips menabung saat pandemi.

Terlalu bergantung pada kartu kredit bisa membuat kondisi keuangan semakin memprihatinkan. Maka sudah saatnya untuk kamu mengelola hal hal yang bisa membahayakan kondisi keuangan saat ini.


4.  Biasakan untuk Berinvestasi

Kebiasaan berinvestasi merupakan hal yang harus kamu lakukan di masa pandemi. Investasi dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung biasa.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu coba mulai dari reksadana, saham, emas hingga properti. Namun pemilihan jenis investasi sebaiknya berdasarkan jumlah uang yang kamu punya dan resiko dari investasi tersebut. 

Dikutip melalu Bisnis.com, perkiraan harga emas mulai naik dan stabil. Setelah beberapa waktu lalu sempat turun. Ini bisa jadi peluang yang baik untuk berinvestasi ke depannya. Jadi, selalu edukasi dirimu terkait investasi, ya!

Selain itu, kamu juga perlu memastikan jika dana investasi tersebut bisa kamu cairkan dalam waktu yang lebih cepat untuk kebutuhan darurat. 

Meskipun jumlah awalnya memang kecil, namun tips menabung saat pandemi ini dinilai sangat efektif. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil di masa pandemi. 

Sebenarnya cara ini tidak sulit, terutama jika kamu sudah membiasakannya. Selain  mencoba menekan pengeluaran dengan beberapa langkah di atas, kamu juga bisa menerapkan tips untuk menambah penghasilan. 

Selain mencari pekerjaan sampingan, kamu juga bisa memulai menjalankan bisnis kecil-kecilan untuk menambah pundi-pundi penghasilanmu. 

Dengan melakukan pengelolaan keuangan secara konsisten, maka kondisi keuanganmu akan lebih stabil. Kamu tetap bisa bertahan di saat pandemi, bahkan masih bisa menyisihkan uang.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan dengan Baik Kata Raditya Dika