Alternatif Lomba 17an, Permainan Ini Bisa Jadi Bahan Belajar Investasi Lho!

Dice Illustration - Canva

Dice Illustration - Canva


Merdeka! Selain upacara pengibaran bendera, aneka perlombaan saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia juga jadi momen yang selalu ditunggu-tunggu kan?

Sayangnya, tahun 2020 ini, perayaan 17an sepertinya agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini membuat perayaan kemerdekaan jadi serba “terbatas”.

Namun, kamu masih bisa kok merayakannya di rumah bareng keluarga. Bukan lomba balap karung atau lomba makan kerupuk dan bikin tumpeng, ada sejumlah permainan yang bisa kamu jadikan alternatif perayaan di momen 17an lho.

Selain itu, permainan ini sekaligus bisa mengajarkan kamu berbisnis dan investasi nih. Seru dan menyenangkan, berikut papan permainan (board game) yang bisa kamu coba.
 

Monopoli

Di tahun 1900an, dilansir dari The New York Times, seorang wanita asal Illinois, Amerika Serikat, bernama Elizabeth Magie menghabiskan waktu luangnya dengan membuat board game. Diberi nama Landlord Game (Tuan Tanah), permainan itu sekaligus menjadi bentuk ekspresi dari keyakinan politiknya.

Selain itu, ia juga merancang Landlord Game sebagai bentuk protes terhadap perusahaan monopoli besar kala itu. Wanita yang bekerja sebagai stenografer dan sekretaris ini kemudian mengajukan klaim hukum terhadap permainan yang ia buat itu di tahun 1903.


Namun, pria bernama Charles Darrow justru berhasil menjual konsep permainan itu kepada perusahaan mainan Parker Brothers pada tahun 1930-an. Konsep permainan yang sebenarnya berasal dari Magie itu lah yang sampai saat ini dikenal dengan papan permainan Monopoli.

Dengan menggunakan dua dadu, Monopoli memiliki 10 bidak buat mewakili para pemain. Jadi, kamu bisa mengajak banyak teman atau saudara nih biar makin seru!

Nah, sebelum memulai permainan, masing-masing peserta akan diberikan replika uang senilai 1500 dolar, yang terbagi-bagi dalam sejumlah pecahan. Uang ini bisa kamu gunakan untuk membeli beberapa petak atau membayar denda.

Petak-petak yang ada dalam permainan monopoli terdiri dari 22 lokasi tempat di seluruh dunia, 4 stasiun kereta, dan 2 perusahaan seperti listrik serta air. Selain itu, ada pula petak untuk start, pajak, bebas parkir, Dana Umum, Kesempatan, dan penjara.

 

Monopoli Illustration - Image: Canva

Monopoli Illustration - Image: Canva


Setiap melewati petak start, kamu berhak untuk mendapatkan gaji dari bank sebesar 500 dolar lho. Nah, jika kamu merasa uang kamu sudah cukup, kamu bisa membeli salah satu atau sejumlah petak yang kamu singgahi.

Soalnya, nanti petak tersebut akan menjadi milik kamu. Selain itu, kamu akan dapat cuan dari setiap peserta lain yang kedapatan berhenti di petak tersebut.

Di petak yang kamu beli itu, kamu juga bisa membangun properti seperti rumah atau hotel. Semakin banyak petak atau bangunan yang kamu dirikan, semakin banyak kamu akan memperoleh cuan.

Itu artinya, secara enggak langsung, kamu dapat belajar mengelola keuangan dan berinvestasi aset safe haven (tanah dan properti) melalui permainan Monopoli. Jika kamu cukup cekatan dalam mengambil peluang dan mengatur strategi keuangan, cuan pun akan datang dengan sendirinya.

 

Stocklab

Buat kamu yang penasaran dengan investasi di pasar modal, tapi masih ragu, kamu bisa mencoba permainan Stocklab nih. Board game yang didesain oleh Nata Chen ini mensimulasi kegiatan investasi saham dan reksa dana di pasar modal.

Permainan ini bisa dimainkan oleh 3 hingga 5 pemain. Mirip dengan Monopoli, sebelum permainan dimulai, kamu akan mendapatkan 15 koin sebagai modal.

Uniknya, koin tersebut harus diletakkan di belakang kertas pembatas masing-masing peserta. Koin tersebut nantinya bisa digunakan dalam fase bidding.

Dalam permainan Stocklab, terdapat empat fase, yaitu:
  • Fase bidding, alias fase lelang urutan pemain berdasarkan jumlah koin yang paling banyak.
  • Fase Aksi, dimana setiap pemain dapat mengambil satu kartu saham/reksa dana secara bergantian dengan peserta lain -sesuai nomor urut, hingga kartu tersebut habis. Nah, dalam fase ini, kamu bisa menyimpan kartu tersebut sebagai saham atau langsung digunakan.
  • Fase Jual, selain disimpan, kamu juga bisa menjual satu jenis kartu saham yang kamu miliki lho. Misalnya, kamu punya 5 kartu saham keuangan, kamu bisa menjual semua kartu saham tersebut sekaligus.
  • Fase Ekonomi, dilakukan dengan membuka kartu ekonomi yang terletak di masing-masing sektor. Kartu ekonomi ini akan menentukan kondisi saham seperti terjun, anjlok, merangkak, pembagian dividen, merger, dan sebagainya.
 

Stocklab Card - Image: Rachma Amalia

Stocklab Card - Image: Rachma Amalia


Permainan ini bakal berakhir kalau kartu ekonomi terakhir sudah dibuka. Soalnya, kartu ekonomi terakhir bakal menentukan nasib saham yang kamu pegang.

Setelah kartu ekonomi habis, pemenang dari permainan ini bukan ditentukan dari banyaknya jumlah saham yang dikoleksi. Pemain dengan jumlah koin terbanyak lah yang bakal cuan.

Dengan permainan Stocklab, kamu pun dapat belajar untuk mengatur strategi dalam melakukan aksi jual, beli, atau hold suatu saham dalam pasar modal. Kamu juga jadi bisa mengenal berbagai istilah dalam bursa seperti stock split dan sentimen yang bisa mempengaruhi kinerja saham di pasar modal.

Seru kan? Yuk, coba ajak teman atau keluarga kamu main Monopoli atau Stocklab sekarang!