Masih Ragu Untuk Investasi Emas? Yuk, Cari Tahu Keuntungannya Disini

Berinvestasi sejak dini di emas sumber gambar: tangselradar.com

Berinvestasi sejak dini di emas sumber gambar: tangselradar.com

Like

Emas adalah salah satu investasi yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali orang Indonesia yang lebih tertarik untuk melakukan investasi dalam bentuk emas dibandingkan saham atau reksa dana.

Pasalnya, banyak sekali yang beranggapan jika melakukan investasi emas jauh lebih menguntungkan dibandingkan investasi lainnya. Hal ini tentu tidak salah, mengingat emas memiliki nilai yang tidak pernah turun.

Yuk, simak kuntungan investasi dalam bentuk emas berikut.
 

Alasan Emas Menjadi Investasi yang Menguntungkan


1. Nilai Emas Cenderung Stabil

Nilai Kenaikan Stabil (source: tangselradar.com)

Nilai Kenaikan Stabil (source: www.tangselradar.com)


Salah satu keuntungan melakukan investasi dalam bentuk emas adalah nilai yang cukup stabil. Emas memiliki nilai yang tidak cepat berubah dibandingkan dengan investasi dalam bentuk lain.

Sehingga, nilai emas sendiri tidak akan tiba tiba naik tinggi atau cepat turun secara drastis dalam waktu sekejap. Investasi dalam bentuk emas pun dirasa jauh lebih aman dan tidak akan menyebabkan banyak kerugian.



2. Memiliki Risiko yang Terbilang Minim

Memilih emas sebagai alat untuk melakukan investasi, terutama untuk para pemula, adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, investasi dalam bentuk emas tidak memiliki risiko kerugian yang sangat tinggi.

Emas yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama, tidak akan pernah mengalami perubahan pada fisiknya. Sehingga, tidak akan membuat penurunan kualitas yang berkaitan dengan kerugian karena nilainya yang juga menurun.

Risiko investasi emas terbilang minim, karena harganya yang cenderung stabil dan tentunya lebih aman dibandingkan dengan saham. Harganya yang stabil, juga disebabkan oleh  permintaan dan penawaran emas di pasar yang tetap stabil.

Selain itu, emas juga tidak akan mengalami inflasi. Namun, harganya justru akan semakin naik dan akan memberikan keuntungan yang maksimal.


3. Keberadaan Emas Diakui Oleh Banyak Orang 
 

Investasi Emas (source: freepik premium)

Investasi Emas (source: freepik premium)

Bisa dipastikan, hampir semua orang di seluruh dunia akan percaya dan sepakat dengan adanya nilai yang dimiliki oleh emas. Padahal, masih banyak lagi jenis logam mulia lain yang lebih bernilai dibandingkan emas.

Namun, karena sejarah emas sudah dikenal sejak dulu, membuatnya mampu bertahan hingga sekarang. Bahkan, dulunya emas pernah menjadi alat tukar yang paling dominan.


4. Menyimpan Emas Sangat Berguna Saat Kondisi Tidak Pasti

Keuntungan lain jika anda menggunakan emas sebagai alat investasi adalah terselamatkan dalam keadaan yang tidak pasti. Ketidakstabilan politik dan ekonomi dalam suatu negara menjadi hantu yang menakutkan bagi banyak orang.

Saat krisis ekonomi tersebut terjadi, investasi emas menjadi keputusan yang tepat dan sangatlah berguna. Anda akan terselamatkan jika memilih emas sebagai alat investasi anda.

Banyak sekali investor yang mengalihkan uang ke investasi dalam bentuk emas dibandingkan dalam investasi saham. Sebab, emas memang memiliki nilai yang pasti dan tidak akan memiliki resiko kerugian yang besar.

Daripada menerima risiko yang besar, para pemilik modal ini akan mengamankan uang mereka dengan menjadikan emas sebagai alat investasi. Keuangan anda pun akan semakin stabil meskipun keuangan di Indonesia sedang terguncang.


5. Dapat Diperjualbelikan Secara Online

Jangan anda bayangkan, jika memilih emas dalam bentuk investasi berarti bertukar emas di depan mata. Sekarang sudah ada kecanggihan teknologi yang akan memudahkan anda untuk melakukan berbagai macam transaksi online.

Dalam hal ini, termasuk transaksi jual beli emas secara online. Jual beli emas secara online akan menawarkan banyak sekali keuntungan dan kemudahan. Selain caranya yang mudah dan praktis, investasi in juga bebas biaya administrasi.


6. Pergerakan Harga Emas Bisa Dipantau Kapan Saja

Karena investasi emas bisa dilakukan secara online, maka anda bisa memantau kapan saja dan dimana saja harga emas tersebut. Fluktuasi harga pun juga dapat diketahui secara real time.

Oleh karenanya, jika ingin menjualnya saat berada pada harga terbaik, maka akan sangat mungkin untuk dilakukan. Begitu juga sebaliknya, anda juga bisa membeli emas saat harganya sedang mengalami penurunan.

Memang emas sebagai alat untuk investasi adalah pilihan yang sangat tepat karena nilainya yang tidak pernah turun. Anda bisa menggunakan emas sebagai instrumen investasi, sehingga tidak akan merasa khawatir masalah stabilitas perekonomian di Indonesia.