Sosok Sociopreneur Muda Indonesia, Eddy Cahyadi

Eddy Cahyadi - bang hermit (summer: instagram.com/thehermit19

Eddy Cahyadi - bang hermit (summer: instagram.com/thehermit19

Like

Eddy Cahyadi adalah sosok pria muda yang dikenal dengan sebutan Bang Hermit. Pria lulusan Hult International Business School ini, memulai bisnis online sejak 2014 lalu.

Walaupun masih muda, tapi pengalamannya dalam berbisnis di industri digital Indonesia sudah banyak memiliki asam garam. Dimulai dari lapak online, hingga blogging.

Saat ini, Bang Hermit lebih memfokuskan diri dalam blogging yang menyasar generasi milenial. Bersama timnya, ia membuat akun komunitas prestigeholics yang telah dikenal bagi penggiat media sosial di tanah air.

Akun ini sangat terkenal di kalangan anak remaja wanita, dimana membahas hal percintaan dan masalah hidup anak milenial masa kini. Peran Bang Hermit adalah pengarah ide dan konsep mengenai konten yang akan digarap dalam akunnya.

Baca juga; Usaha Rintisan “Pubila” sebagai Sociopreneurship Milik Komunitas yang Pertama di Alor


Sejak kecil, ia memang sudah suka membaca dan menulis cerita. Pengalaman yang ia peroleh ditambah dengan pengetahuan mengenai pemasaran digital yang diperolehnya semasa kuliah dalam menciptakan ide untuknya dalam berkontribusi di dalam komunitas masyarakat.

Berkat keahliannya dalam pemasaran di bisnis online, dia lantas melihat bahwa dalam akun komunitasnya, selain dapat membantu usaha-usaha kecil di masyarakat dalam mempromosikan dan menjual produk dagangan mereka, bisa juga digunakan untuk memberdayakan mahasiswa yang membutuhkan pendapatan untuk membiayai kuliah mereka sendiri.

Lantas, selain memberikan mereka pekerjaan untuk membantu membangun komunitasnya, ia juga memberikan on job training kepada mahasiswa tersebut. Selain belajar mengenai bisnis online, mereka juga dapat bekerja langsung.

Eddy berharap, agar ke depannya, mereka bisa menjadi seseorang yang terampil dan siap dalam bekerja ketika mereka lulus dan melanjutkan karir mereka di dalam dunia digital.
"Saya selalu ingin berkontribusi kepada masyarakat terutama membantu mereka yang membutuhkan, sehingga nantinya mereka juga dapat berkontribusi di masa depan dan memberikan nilai tambah dalam industri digital." ujarnya.

Dengan segudang pengalamannya dan pengetahuannya dalam dunia bisnis online, ia memutuskan untuk menggabungkan konsep bisnis digital dan sociopreneurship. Konsep ini difokuskan untuk membantu kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak semata-mata hanya mencari keuntungan saja.

Baca juga: Belajar dari Irma Suryati, Sociopreneur yang Tetap Cuan di Tengah Pandemi

Menurut Eddy, selain membantu usaha lapak kecil dalam mempromosikan bisnis mereka, konsep seperti ini juga dapat memberdayakan mahasiswa yang kekurangan biaya untuk meraih masa depan mereka.

"Jadi intinya bisnis saya itu lebih beorientasi dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat itu sendiri. Karena kita hidup di tengah-tengah masyarakat, jadi semuanya harus kembali ke masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Menurut informasi dari bang hermit, sejauh ini dia sudah membantu membiayai kuliah dan mengedukasi 5 mahasiswa yang dipekerjakannya. Mereka merasa sangat tertolong dengan program semacam ini. Selain mendapatkan training, mereka juga dapat bekerja menjadi admin di akun komunitas milik Bang Hermit dan dibiayai kuliahnya sampai selesai.

Dengan berbagai pengalaman dan pencapaian yang besar di industri digital, pemilik akun instagram @thehermit19 ini pun dikenal sebagai influencer di media sosial yang memiliki total lebih dari 15 juta followers dari seluruh akun komunitas yang dibangunnya.

"Ke depannya, saya juga akan tetep melakukan bisnis digital yang selalu berorientasi dalam membantu masyarakat," tuturnya.