Gimana Kalau Bisnis Dapat Kritik? Ini Cara Menyikapinya!
Di sisi lain, sebagai pengusaha kuliner, kamu harus siap menghadapi kritik. Ini beberapa langkah bijak yang bisa dilakukan:1. Tetap Tenang dan Jangan Baper
- Kritik itu biasa dalam dunia bisnis, jangan langsung emosi.
- Cek dulu apakah kritik yang diberikan memang ada benarnya.
2. Jadikan Masukan untuk Evaluasi
- Kalau ada keluhan soal rasa, layanan, atau harga, coba lihat dari sudut pandang pelanggan.
- Perbaiki kekurangan yang memang bisa ditingkatkan.
3. Respons dengan Profesional
- Kalau kritik dipublikasikan di media sosial, berikan tanggapan yang sopan dan profesional.
- Hindari debat terbuka yang justru bisa memperburuk citra bisnis.
Baca Juga: Jadi Food Vlogger Bijak, Begini Tips & Triknya!
4. Jangan Takut Klarifikasi
- Jika kritik yang diberikan kurang tepat atau tidak sesuai fakta, jangan ragu untuk menjelaskan.
- Tapi tetap dengan nada yang positif, ya!
5. Gunakan Kritik untuk Meningkatkan Branding
- Kalau ada perbaikan setelah kritik, tunjukkan ke publik.
- Ini bisa jadi cara ampuh untuk membangun citra bisnis yang peduli dengan pelanggan.
Di era digital, ulasan dari food vlogger bisa jadi peluang atau ancaman bagi bisnis kuliner. Penting bagi reviewer untuk tetap beretika dan memberikan kritik yang membangun.
Sementara itu, pengusaha kuliner juga harus punya mental baja dan sikap profesional dalam menanggapi kritik.
Kalau kedua pihak bisa bekerja sama, ekosistem kuliner bakal makin sehat dan menguntungkan semua orang!
#Mon-FridayMar
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.