Rencana Tencent Akuisisi Perusahaan Game Leyou Sebentar Lagi Terwujud

Game - Canva

Game - Canva

Like

Raksasa dari negeri tirai bambu, Tencent Holdings Ltd sebentar lagi bakal resmi mengakuisisi perusahaan game Leyou Technologies Holdings Ltd nih, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, pengakuisisian ini diketahui berkisar US$1,3 miliar.

Adapun, rencana tersebut diprediksi Bloomberg bakal segera diumumkan ke publik, selambat-lambatnya, akhir pekan ini lho.

Pihak Leyou dan pemegang saham pengendalinya yakni Charles Yuk, dikutip dari laman CNBC, telah menandatangani perjanjian eksklusif dengan Tencent Mobility Limited, anak perusahaan Tencent.

Dengan adanya perjanjian eksklusif tersebut, Leyou dan Yuk enggak akan bisa bernegosiasi dengan calon pembeli lain dalam tiga bulan ke depan saat pembicaraan akuisisi Tencent sedang berlangsung. Pihak leyou juga mengatakan kalau negosiasi masih dalam proses dan enggak ada kepastian pembicaraan akan mengarah pada kesepakatan yang mengikat.

Perlu diketahui, negosiasi tahap akhir lagi berlangsung dengan harga saham dibahas pada kisaran 3,4 hingga 3,4 dolar Hong Kong per lembar.


Meski begitu, kabar ini sempat membuat nilai saham Leyou melonjak 4,8 persen di perdagangan Senin (24/8) lalu. Sementara valuasi Leyou diperkirakan sekitar US$1,27 miliar.
 

Keuntungan Tencent Mengakuisisi Leyou

CNBC menyebutkan, akuisisi Leyou ini bakal membantu Tencent untuk lebih jauh memperluas jumlah game di bawah payung besarnya. Hal itu juga jadi cara Tencent untuk menghadapi persaingan yang meningkat dengan NetEase di China.

Selain itu, Analis niko Partners juga menilai kalau Leyou bakal jadi bagian dari upaya ekspansi global Tencent. Soalnya, Leyou merupakan perusahaan domestik yang sudah memiliki banyak pengembang game dalam dan luar negeri.

Bahkan, kabarnya nih, Sony juga sempat mengincar Leyou. Hal ini dilakukan Sony seiring dengan persiapan peluncuran PlayStation 5.

Meskipun Leyou diketahui sempat rugi US$5,8 juta di semester I/2020, namun akuisisi ini diharapkan bisa menguntungkan kedua pihak. Adapun, negosiasi Tencent buat mengakuisisi Leyou ini dikabarkan sudah terjadi sejak September 2019 lalu.