Kamu Masih Single? Begini Cara Atur Keuangan Biar Cuan

Single - Canva

Single - Canva

Like

Galau setiap malam minggu, enggak ada teman buat datang kondangan, dan terkesan kesepian. Mungkin itu sering jadi gambaran umum buat orang-orang yang masih single.

Kata siapa menjadi single alias masih lajang itu menyedihkan? Enggak sama sekali kok!

Justru mumpung masih lajang, kamu punya banyak keuntungan lain lho. Dilansir dari laman Mandiri Investasi, dengan status kamu yang masih single, kamu jadi lebih bebas buat menentukan pilihan, lebih fokus dalam berkarir, makin peduli sama orang terdekat, punya banyak waktu buat me time, dan dompet atau saldo ATM kamu juga cenderung lebih tebal dong!

Pendapatan kamu jelas akan lebih banyak dihabiskan buat diri kamu sendiri dan keluarga. Kamu belum punya tanggungan lain di luar itu.

Namun, kadang hal itu malah bikin sulit buat mengatur keuangannya. Nah, biar tetap cuan dan bahagia, berikut tips mengatur keuangan buat kamu yang masih single, dikutip dari Bisnis.
 

Ikuti Rambu-rambu Kebutuhan Pokok

Menurut Konselor Keuangan MoneynLove Andreas Freddy, pada prinsipnya, pengelolaan keuangan orang yang masih lajang harus mengikuti rambu-rambu kebutuhan pokok. 


Dengan kata lain, meskipun bisa menyisihkan uang sesuka hati, kamu enggak boleh mengabaikan kebutuhan pokok seperti kesehatan, 
 

Sisihkan untuk Investasi

Meskipun gaya hidup You Only Live Once (YOLO) kerap dijalani sama anak muda, apalagi yang masih lajang, hal itu tentunya akan berbahaya buat kondisi keuangan.

Ingat, hidup itu enggak cuma buat hari ini doang, Be-emers. Makanya untuk mempersiapkan masa depan, selain punya tabungan di bank, kamu juga perlu menyisihkan uang untuk investasi.

Menurut Freddy, posis yang ideal sekitar 10-20 persen dari pemasukan. Selain itu, kamu disarankan untuk menyisihkan dana tersebut di awal sebelum uang gajian kamu habis.

Freddy pun menilai, berinvestasi sejak muda dan di masa lajang, tentunya lebih menguntungkan. Soalnya, kamu akan lebih ringan untuk mencicil persiapan kebutuhan di masa depan nanti.
 

Prioritaskan Keinginan

Menikmati hidup selagi masih single itu memang perlu. Namun, jangan sampai kelewatan dan berakhir “madesu” alias masa depan suram ya!

Untuk itu, kamu juga perlu untuk menyusun rencana kamu di masa depan seperti melanjutkan pendidikan, punya rumah sendiri, atau mungkin menikah. Nah, lebih baik kalau kamu juga memprioritaskan keinginan mana yang ingin kamu capai dalam waktu terdekat.

Freddy menyarankan agar keinginan atau wish list tersebut juga diiringi dengan rincian anggaran dana yang kira-kira akan dibutuhkan. Kamu juga bisa mengurutkan prioritas keinginan kamu berdasarkan jangka waktu.