Peluang Cuan untuk Kamu yang Introvert

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Tenang, cenderung lebih menikmati lingkup yang lebih kecil, dan nyaman untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri, apakah kamu sering mengalami hal seperti itu?

Bisa jadi kamu memiliki sifat introvert nih, Be-emers. Di tahun 1960an, istilah introvert dan ekstrovert pertama kali dikenalkan oleh seorang psikolog ternama, yakni Carl Jung.

Menurut penulis Susan Cain, introvert merupakan sikap seseorang yang bisa mengumpulkan energi dari dirinya sendiri. Namun, hal itu bukan berarti seorang introvert anti bersosialisasi ya.

Orang yang introvert cenderung menghabiskan waktunya untuk introspeksi dan merasa lebih bebas serta “jadi diri sendiri” ketika enggak banyak stimulasi, berada di ruang lingkup yang kecil, hingga menghabiskan waktu sendirian.

Soalnya, dilansir dari laman SehatQ, ide-ide seorang introvert akan lebih cemerlang dan muncul saat sedang sendiri. Nah, untuk itu, seorang introvert dinilai akan cenderung memilih profesi yang menawarkan kebebasan dalam mengekspresikan idenya nih.


Lalu, apa saja ya peluang cuan yang cocok untuk kamu yang introvert? Berikut rekomendasinya, yang dilansir dari Bisnis.
 

Penulis

Dibanding disuruh meracau, orang yang introvert umumnya bakal memilih untuk mengutarakan pemikiran, ide, bahkan gagasannya dalam sebuah tulisan.

Soalnya, seorang introvert cenderung lebih hati-hati, kritis, dan observatif. Sehingga, tulisan akan membantunya untuk bebas berkreasi dan menyampaikan apa yang ia lihat, rasakan, dan pikirkan.

Di zaman sekarang, menulis bukan hanya lewat media cetak saja. Profesi penulis pun semakin berkembang.

Kamu bisa menjadi seorang penulis konten (content writer), copy writer, hingga penulis teknis (UX writer). Adapun, kamu bisa memilih berbagai profesi penulis tersebut untuk dijalani sebagai freelance atau karyawan di sebuah perusahaan.

Enggak cuma itu, kamu juga bisa menghasilkan uang sendiri dengan menjadi blogger. Melalui blog pribadi, kamu akan lebih bebas berkreasi, mengembangkan kemampuan, sekaligus menghasilkan cuan dari iklan.

 

Coders

Dengan sifat kamu yang detail dan teliti, seorang introvert bisa jadi coders yang sangat baik lho. Bahkan, dengan kesabaran dan fokus, menjadikan coding pilihan yang bagus untuk introvert yang mencari wirausaha.

Soalnya, coding atau pengkodean merupakan suatu keahlian khusus. Selain itu, kamu bisa lebih bebas, karena pekerjaan ini pun bisa dilakukan dimana saja.

 

Bisnis Online Shop

Buat kamu yang lebih nyaman untuk bekerja di tempat yang enggak terlalu ramai, seperti di kantor atau toko, memulai untuk berbisnis secara online bisa jadi pilihan nih.

Cukup dari rumah, kamu bisa berjualan tanpa harus sering berinteraksi langsung dengan banyak orang, yang tentunya akan lebih sering menghabiskan energi kamu sebagai seorang introvert. Kamu juga lebih bebas untuk memilih produk apa yang mau kamu jual sesuai dengan kesukaan dan karakter kamu.

 

Online - Image: Canva

Online - Image: Canva

 

Konsultan Media Sosial

Sudah jadi “kebutuhan” di era digital, media sosial juga bisa menghasilkan cuan. Enggak hanya lewat monetisasi atau endorsement, kamu juga bisa kok jadi konsultan media sosial.

Ingat, introvert bukan berarti jadi anti sosial. Media sosial juga berfungsi untuk menyampaikan banyak informasi.

Misalnya saja Instagram, kalau kamu punya pengetahuan yang oke soal pemasaran dasar, ide konten yang kreatif, dan komunikasi yang baik, konsultasi Instagram dapat menjadi peluang cuan yang bagus nih. Soalnya, banyak perusahaan atau online shop yang membutuhkan jasa ini untuk meningkatkan jangkauan dan eksistensi produk mereka di media sosial.