Bukan Hanya dalam Sepak Bola, Ini 5 Dia Strategi Menyerang dalam Dunia Marketing

Like

2. Flank Attack Strategy

Selanjutnya ada flank attack strategy. Berbeda dengan frontal attack strategy, flank attack strategy lebih mengedepankan serangan yang sekilas "tidak terlihat" tapi cukup untuk mengganggu dominasi brand monopoli atau brand besar.

Ya, strategi seperti ini, seringkali diterapkan oleh brand-brand kecil demi mendapatkan segmen pasar khusus dari brand besar, yang kurang dioptimalkan dengan baik. Kita bisa melihat banyak contohnya pada banyak brand.

Sebut saja seperti Coca Cola dengan Pepsi. Meskipun Coca Cola mendominasi pasar global minuman bersoda, tetapi Pepsi tetap berhasil menjadi pengganggu berkat strategi diversifikasi bisnisnya.

Pepsi melakukan ekspansi bisnis ke makanan ringan seperti Frito Lay, Quaker Oats, dan lain-lain. Fokus daripada flanks attack strategy adalah pada kelemahan kompetitor.

Kelemahan ini meliputi banyak aspek penting, dimulai dari harga, distribusi, ukuran produk, kuantitas/kualitas produk/jasa, segmen pasar dan lain sebagainya.
 

3. Encirclement Attack Strategy

Strategi menyerang kompetitor berikutnya adalah encirclement attack strategy. Hampir mirip dengan frontal attack strategy, hanya saja serangan yang dibangun, dilakukan dari berbagai sisi.


Dapat dikatakan bahwa strategi ini, adalah kombinasi dari frontal dan juga flank attack strategy.

Lagi-lagi, kita dapat menyebut usaha Pepsi dalam menjegal dominasi Coca-Cola adalah salah satu contohnya. Terdapat 3 ciri-ciri utama yang bisa kamu jadikan sebagai pembeda strategi menyerang ini, dengan 2 strategi menyerang sebelumnya.

Tiga ciri-ciri tersebut adalah menyerang dari segala sisi, menyediakan pilihan produk atau jasa yang lebih beragam, orientasi jangka panjang.
 

4. Bypass Attack Strategy

Berikutnya adalah bypass attack strategy. Strategi ini hampir mirip dengan flank attack strategy, hanya saja dengan skala yang lebih kecil, dan juga tidak bersifat langsung.

Alih-alih bersaing dengan kompetitor, mereka yang menerapkan strategi menyerang gaya ini, lebih mengedepankan segmen pasar yang lebih mudah dijangkau atau juga dilayani.

Bagaimana contohnya? Dari pengalaman mimin, apa yang dilakukan oleh komunitas ojek online di Brebes, Bumi Ayu, bernama Ite Jek, adalah salah satu contoh nyata dari bypass attack strategy ini.

Alih-alih ikut bersaing dengan kompetitornya seperti GoJek atau Grab dengan membuat aplikasi khusus, yang lebih canggih, Ite Jek justru tampil dengan proses bisnis yang lebih sederhana, memanfaatkan WhatsApp.

Ite Jek benar-benar fokus memaksimalkan pasar layanan ojek onlinenya di Brebes, Bumi Ayu, tanpa perlu lelah bersaing langsung kompetitor brand-brand raksasa.
 

5. Guerilla Attack Strategy

Terakhir adalah guerilla attack strategy. Sesuai dengan namanya, inti dari strategi menyerang kompetitor ini adalah, menyerang secara tiba-tiba lalu bersembunyi.

Efek kejut yang dihasilkan dari serangan ini, cukup untuk membuat brand atau kompetitor panik, dan itu juga cukup untuk menarik perhatian dari target audience.

Dalam dunia sepak bola, kita mungkin bisa mengenal serangan ini sebagai counter attack cepat, seperti yang diperagakan oleh tim-tim seperti Liverpool, Barcelona, Real Madrid.

Guerilla attack strategy sendiri, terdiri dari banyak jenis. Satu yang paling populer adalah stealth marketing. Silahkan klik link artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak apa itu stealth marketing.

Baca Juga: Stealth Marketing: Strategi Marketing yang Sering Diterapkan Brand Besar di Film

Nyatanya?

Inilah penjelasan lengkap tentang 5 strategi menyerang dalam dunia marketing. Dari 5 strategi menyerang ini, mana nih yang mau kamu terapkan?


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung