Subsidi Gaji Cair, Berikut Cara Efektif Biar Uangnya Enggak Cepat Habis

Salary - Canva

Salary - Canva

Like

Sejak Kamis (27/8), subsidi gaji dari pemerintah sudah resmi cair nih! Apakah kamu salah satu yang mendapatkannya?

Sekedar info, buat kamu yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta, kamu berhak buat dapat subsidi gaji dari pemerintah lho! Asyik~

Meski begitu, hanya pekerja yang aktif terdaftar di BPJS ketenagakerjaan saja yang berhak mendapatkannya.

Selama empat bulan kedepan, kamu akan mendapat subsidi gaji sebesar Rp600.000 per bulan. Nah, dana ini akan dikirim ke kamu setiap dua bulan sekali.

Artinya, setiap dua bulan sekali, kamu akan dapat subsidi sebesar Rp1,2 juta. Adapun, dengan subsidi ini, pemerintah bertujuan untuk menjaga daya beli dan konsumsi masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi.


Eits, walaupun tujuannya buat jaga daya beli masyarakat, bukan berarti kamu langsung jadi tambah konsumtif ya. Bagaimanapun, kamu perlu mengatur pemasukan biar enggak cepat habis nih.

Mengutip dari laman Bisnis, ini yang bisa dilakukan biar pemasukan kamu enggak cuma “numpang lewat”.
 

Ubah Pola Pikir Terhadap Uang

Sebelum kamu mulai menghabiskan gaji, menurut Premier Banking and Emerging Affluent Proposition Head Bank OCBC NISP Chinni Yanti, yang harus lebih dulu diubah adalah pola pikir terhadap uang dan kebutuhan itu sendiri.

Maksudnya, kamu harus sadar bahwa kebutuhan finansial di masa depan enggak bisa disulap dan perlu disiapkan sedini mungkin.
 

Bikin Anggaran

Meskipun bersifat subsidi, tetap saja hal itu termasuk pemasukan yang perlu untuk kamu buat anggaran pengeluarannya. Dari situ, kamu jadi bisa lebih bijak untuk menentukan barang atau keperluan apa yang paling diprioritaskan sesuai kebutuhan.

Jadi, uang atau pemasukan yang kamu punya enggak habis buat hal yang sia-sia. Kalau kamu menghambur-hamburkan uang untuk hal yang enggak terencana, bisa jadi kamu akan akan menyesal.
 

Sisihkan untuk Tabungan atau Investasi

Enggak ada salahnya menyisihkan uang kamu untuk tabungan atau investasi. Berapapun nilainya, mempersiapkan masa depan sejak dini akan mendatangkan hasil yang indah buat kamu nantinya.

Tabungan atau investasi tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan finansial kamu. Biar tetap punya tabungan atau investasi, ada baiknya, kamu sisihkan di awal sebelum kamu mulai menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lain.