Ingin UMKM Kamu Berkembang? Begini Tips dari Gubernur BI

Market - Canva

Market - Canva

Like

Menjalani usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tentu saja punya tantangan tersendiri. Enggak jarang, UMKM harus bersaing ketat dengan pelaku usaha besar.

Makanya, kalau enggak berkembang, UMKM bakal gampang tergerus. Adapun, keberadaan UMKM menjadi penopang perekonomian negara lho!

Nah, dilansir dari laman Bisnis, menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, ada sejumlah cara yang perlu ditempuh sama UMKM agar terus berkembang nih.
 

Peningkatan Kreativitas

Perry menilai, kreativitas jadi salah satu faktor penting untuk memacu UMKM. Soalnya, kreativitas akan memunculkan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan oleh pengusaha.

Selain itu, tingginya kreativitas UMKM juga akan membuat value added yang besar pula. Nah, biar kreativitas UMKM meningkat, Perry menghimbau kepada seluruh pihak terkait untuk melakukan pembinaan secara menyeluruh, mulai dari produksi, kewirausahaan, keuangan, hingga pemasaran produk.
 

Digitalisasi UMKM

Biar enggak kalah saing di era teknologi ini, digitalisasi UMKM juga perlu untuk ditingkatkan. Sebagai pelaku UMKM, ada baiknya kamu mulai menyesuaikan diri dengan melakukan digitalisasi seperti pemasaran secara digital di website atau media sosial, menjual produk di online shop, dan sebagainya.


Adapun, pihak BI juga membantu UMKM memasarkan barangnya secara digital menggunakan commercial commerce melalui media sosial, seperti Instagram dan Youtube. Dengan layanan ini, kamu dapat terhubung langsung dengan pelanggan atau calon pembeli, sehingga proses pembelian jadi lebih cepat.
 

Sinergi Antar Instansi

Dengan bantuan banyak pihak, tentunya akan membantu UMKM untuk terus berkembang. Bukan hanya dari pihak pemerintah dan swasta saja, dari pihak UMKM sendiri juga perlu untuk sama-sama berpartisipasi dalam setiap program yang diusung dan disediakan untuk UMKM.

Misalnya, ada program pembinaan dan bantuan dari pemerintah atau pihak swasta, enggak ada salahnya bagi setiap pelaku UMKM untuk berpartisipasi. Toh nantinya, hal itu akan jadi bekal untuk mengembangkan UMKM.

Adapun, rencananya pihak BI bersama Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kemenparekraf, Kemenkop UKM, dan sejumlah instansi lain, akan melakukan sinergi kebijakan untuk UMKM baik di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga, para pelaku UMKM dapat menghasilkan produk berkualitas yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi negara