Ini Loh 10 Keuntungan Berinvestasi Obligasi Negara Ritel atau ORI

Yuk berinvestasi ORI. (Foto: Freepik)

Yuk berinvestasi ORI. (Foto: Freepik)

Like

Berhubung pemerintah berencana menerbitkan obligasi negara ritel atau akrab dikenal dengan nama ORI, Don Cuan merangkum sejumlah manfaat atau keuntungan berinvestasi ORI. Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan, berikut 10 keuntungan berinvestasi ORI.

•    Kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang. Artinya, investasi ORI sangat-sangat terjamin karena dijamin negara. Risiko suatu negara gagal bayar itu tergolong sangat rendah, walaupun mungkin saja terjadi. Berbeda dengan membeli obligasi korporasi yang memiliki risiko gagal bayar lebih tinggi, bergantung pada kondisi keuangan perusahaan tersebut.

•    Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Jadi, lebih untung berinvestasi ORI sob!

•    Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo. Asik kan, tingkat kuponnya gak berfluktuasi. Kalian bisa memastikan dapat kupon yang sama tiap bulan seperti layaknya dapat gaji bulanan, tapi dari pemerintah :p

•    Kupon dibayar setiap bulan. Seperti yang disampaikan sebelumnya, jika kalian berinvestasi ORI dalam jumlah yang besar, maka imbal hasil dari kupon tersebut bisa dianggap sebagai penghasilan bulanan kalian Sob!


•    Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik). Kalau butuh duit mendadak, bisa dijual ORI yang kalian punya. Caranya, dengan menghubungi agen penjual yang memfasilitasi pembelian ORI kalian.

•    Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi. Kuotasi ini digunakan ketika kalian ingin memperdagangkan ORI di pasar skunder.

•    Berpotensi memperoleh capital gain. Apa sih capital gain itu? Capital gain itu keuntungan yang diperoleh dari aksi investor melepas atau menjual ORI di pasar skunder di saat harga ORI mengalami kenaikan.

•    Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi). Ya, kalau butuh uang, coba aja dijaminkan ORI yang kalian punya. Syarat-syaratnya sesuai dengan kebijakan di mitra distribusi ya.

•    Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

•    Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional. Nah ini Sob. Kita sering kali teriak-teriak pemerintah jual surat utang ke asing, ngutang terus dan sebagainya. Nah, dengan membeli ORI, kita bisa membantu negara loh!