Tren Bisnis Bakery Rumahan, Mau Ikutan? Ini Tipsnya

Bakery - Canva

Bakery - Canva

Like
Beberapa waktu belakangan ini, banyak banget viral aneka resep roti di media sosial. Banyak netizen yang berlomba-lomba membuat Korean garlic bread, roti goreng, hingga cloud bread, cukup dari rumah saja.

Bahkan, beberapa di antaranya, menjadikan resep viral tersebut menjadi bisnis roti rumahan.

Kelihatan seru banget, kan?

Namun, kalau kamu mau menjalani bisnis bakery ini dengan serius, ternyata ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan nih. Dikutip dari Bisnis, ini yang sekiranya kamu butuhkan sebelum memulai bisnis bakery rumahan:
  • Kamu harus punya keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang persiapan makanan yang aman. serta ilmu dasar seputar diet sehat.
  • Selain itu, kamu perlu mengetahui latar belakang ritel atau layanan makanan akan sangat membantu.
  • Kamu enggak boleh menomorduakan pengetahuan seputar persediaan bahan-bahan serta ruang untuk menyimpannya, rejimen belanja reguler, dan pemasok yang terpercaya.
  • Jangan lupa, cermati lisensi yang diperlukan untuk membangun bisnis kuliner. Misalnya, izin dari BPOM dan logo halal.
  • Kamu pun perlu memahami tentang pesaing, serta cara agar produk kamu menonjol di tengah masyarakat.

Nah, kalau kamu sudah punya bekal tersebut, sekarang saatnya untuk kamu eksekusi bisnis bakery rumahan nih!

Biar bisnis bakery ini enggak musiman alias bisa bertahan lama, kamu juga perlu untuk menyempurnakan resep yang sudah ada. Selain itu, inovasi terhadap produk juga perlu dilakukan, agar kamu selalu menghasilkan sesuatu yang fresh.

Selain itu, sebagai langkah pertama, kamu bisa menjual hanya 2 hingga 3 produk unggulan saja terlebih dahulu. Namanya juga masih kenalan, kamu harus fokus dulu sama produk yang mudah diingat dan kemungkinan akan jadi signature dari bisnis kamu.

Nah, dari sana, kita juga bisa melihat respon dan permintaan konsumen seperti apa. Hal itu dapat membuat kamu lebih mudah dalam merencanakan metode pemasaran yang efektif.

Namanya juga masih newbie, kamu bisa mengirim produk roti yang kamu buat dengan pengiriman pribadi atau jass kurir. Jika sudah berkembang, kamu bisa bekerjasama sebagai mitra layanan kuliner seperti GoFood atau GrabFood.

Selain promosi di media sosial, biar lebih profesional lagi, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memulai membuat blog atau website produk bakery kamu lho!


Buat kamu yang mau coba-coba bikin Cloud Bread ala anak TikTok, bisa juga nih tonton video tutorialnya di Youtube: