Rintis Bisnis Sejak Dini, Ini Dia Jenis Jenis Bisnis Online yang Praktis!

Jenis-jenis bisnis online

Jenis-jenis bisnis online


Masyarakat zaman sekarang cenderung menjadi orang orang yang konsumtif. Oleh sebab itu, mendirikan suatu bisnis menjadi salah satu pilihan lapangan pekerjaan yang sangat menguntungkan kamu.

Berbagai jenis bidang bisnis yang dapat dipilih, bergantung pada kemampuanmu untuk mengembangkannya. Pentingnya memahami jenis jenis bisnis online yang tersedia dan saat ini sudah populer dijalankan. Lalu, kamu perlu memahami model bisnisnya dan lakukan untuk membangun binismu.

Beragam jenis bisnis secara online berikut ini memiliki sistem kerja yang berbeda beda, sehingga kamu dapat memperluas usaha secara maksimal. Yuk intip ulasan lengkapnya beberapa jenis usaha yang dijalankan secara online:


1. Affiliate Marketing

Bisnis yang dijalankan secara online ini sudah sangat populer dan kredibel untuk bisnismu, termasuk pemula. Cara yang diterapkan juga sangat mudah karena kamu hanya perlu punya website sebagai sarana pemasaran produk.

Setelah itu, kamu bisa mulai menjalin kerjasama dengan partner bisni online lainnya untuk memasarkan promosi produkmu.

Menjalankan bisnis satu ini sangat praktis karena kamu tidak terlibat produksi atau proses pengemasan. Kamu hanya memasarkan produk, lalu para pelanggan hanya mengetuk untuk pemesan pada perusahaan terkait dan menerima sistem bagi hasil.



2. PPC (Paid Per Click)

Tentu kamu sudah tidak asing dengan iklan yang dipasarkan secara online, seperti di website atau aplikasi tertentu. Penyedia jasa ini menerapkan Pay Per Click yang jadi salah satu dari jenis jenis bisnis online

Sistemnya sangat sederhana, yaitu komisi akan diberikan pada penyedia iklan bila kamu orang yang mengklik iklan tersebut. Besarnya komisi yang diberikan cukup variatif, bergantung pada kesepakatan antara dua pihak.


3. PTR (Paid to Review)

Jenis bisnis satu ini mungkin masih belum dikenal banyak orang, tetapi dapat dilakukan oleh semua kalangan. Sistemnya cukup menulis artikel atau review tentang suatu produk yang dimiliki perusahaan atau pemasang iklan.

Review ini dapat kamu unggah di suatu blog, lalu pemilik produk akan memberikanmu upah. Bagi para blogger, pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan karena kegiatan iseng dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit.


4. Membuat Produk Sendiri

Beberapa orang memang dianugerahi kemampuan khusus, sehingga bisa memproduksi suatu barang. Kamu dapat membuat barang dengan beberapa keunggulan atau keunikan yang belum pernah ada.

Menariknya, kamu dapat memasarkan produk tersebut secara online, sehingga menarik untung berlipat. Jenis jenis bisnis online satu ini juga ditunjang dengan kemasan yang menarik serta memiliki ciri khas tersendiri.


5. Toko Online

Lapangan pekerjaan yang saat ini ada di masyarakat cukup banyak, terutama dengan kemudahan dunia digital. Kamu dapat membuat toko online yang dipasarkan melalui sosial media atau website khusus.

Di dalam toko online tersebut, kamu dapat mengunggah sederet produk yang dilengkapi spesifikasi dan harga. Pastikan mendesain toko online kamu dengan sangat menarik, agar bisa menarik banyak pengunjung.


6. Layanan

Tidak hanya menjual produk, kamu juga bisa menjadi penyedia layanan dengan berbekal keahlian. Kamu mengedepankan jasa dengan layanan yang baik, ramah, dan memuaskan agar para konsumen tidak kecewa.

Terdapat berbagai jenis layanan yang bisa masuk ke kategori jenis jenis bisnis online. Kamu cukup memasarkannya melalui sosial media, sehingga pengunjung bisa meminta kamu datang ke rumah atau mereka yang menghampirimu.

Bergelut di pasar digital tidaklah mudah karena generasi milenial tentu telah memiliki modal yang cukup untuk berbisnis. Kamu dapat memilih berbagai jenis bidang untuk menjadikan suatu lapangan pekerjaan baru.

Bisnis yang dijalankan secara online ini memiliki kunci, yaitu unik, menarik, dan inovasi yang dilakukan secara kontinu. Tidak hanya itu, layanan yang diberikan juga harus memuaskan para pelanggan agar marketmu tidak hilang.

Baca juga: Mengenal Blue Ocean Strategy Sebagai Siasat untuk Menaklukkan Pesaing