Lagi Cari Kerja? Lakukan Hal Ini Biar Keuangan Kamu Tetap Oke

Job - Canva

Job - Canva

Like

Di masa-masa pencarian pekerjaan, kamu berjuang mati-matian untuk mendapatkan profesi yang kamu inginkan di sebuah perusahaan. Selain bersaing dengan kandidat lain, ini sekaligus jadi momen dimana kamu juga harus berjuang untuk menjaga keuangan lebih ekstra.

Soalnya, di masa ini, kamu belum punya pemasukan stabil. Makanya, kamu pun perlu untuk lebih hemat daripada biasanya.

Nah, biar hemat selama masa pencarian pekerjaan, dilansir dari Bisnis, kamu bisa melakukan hal ini untuk berhemat.

 

Harus Lebih Terorganisir dan Efisien

Saat kamu mencari pekerjaan, kamu bisa menghemat waktu terlebih dahulu untuk menjaga keuangan.

Caranya, catat dengan baik jadwal interview atau psikotes dari perusahaan yang kamu lamar. Nah, di saat itulah, kamu coba hitung kembali biaya yang akan kamu keluarkan seperti transportasi, materai, atau biaya lainnya jika dibutuhkan.


Biar lebih hemat dan efisien lagi, kamu bisa berhemat dengan membawa kendaraan pribadi atau menumpang ke sanak saudara. Kalau duit kamu pas-pasan, kamu pun enggak perlu beli pakaian untuk datang interview atau psikotes, cukup pinjam saja ke teman atau keluarga kamu ya.

 

Manfaatkan Situs Online Gratis

Sekarang sudah banyak banget situs pencari pekerjaan yang dilengkapi dengan pengembangan kompetensi atau skill. Nilai yang dihasilkan, bisa menjadi point plus dari para recruiter nih.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan situs atau aplikasi untuk membuat CV sendiri. Jadi, kamu lebih hemat ketimbang memesannya ke jasa desain grafis.

 

Hemat Paket Data Internet

Namanya lagi mencari-cari pekerjaan, pastinya kamu akan lebih sering online untuk membuka situs job hunter dan sebagainya.

Nah, lebih baik, kamu menggunakan paket promo yang diberikan oleh operator. Adapun, kalau ada, kamu bisa memanfaatkan fasilitas wifi gratis yang ada di lingkungan sekitar kamu.

 

Negosiasi Biaya Perjalanan Interview Kerja di Luar Kota

Kalau kamu mendapat panggilan wawancara kerja di luar kota, tentunya biaya perjalanan dan akomodasi akan menjadi salah satu hal penting yang dipikirkan. Kamu sudah pasti akan merogoh kocek yang cukup dalam untuk melakukan hal itu.

Namun, kamu sebelum berkata “yes” pada perusahaan tersebut, enggak ada salahnya untuk kamu mencoba negosiasi dan bertanya, apakah perusahaan menyediakan biaya transportasi atau bersedia melakukan alternatif lain dengan wawancara melalui video call.