Selain Pinjaman Bank, Ini Cara Alternatif Dapat Modal untuk Usaha Kecilmu

deal illustration: canva

deal illustration: canva

Like

Jadi pengusaha itu butuh tekad yang kuat. Jangan lupa, apapun usahanya, modal juga penting buat kamu yang mau mendirikan usaha.

Buat kamu yang baru mau memulai usaha kecil-kecilan, kadang bingung atau sulit mendapatkan pinjaman dari bank. Perlu diketahui juga nih, ada beberapa syarat dan ketentuan buat mengajukan pinjaman ke bank.

Salah satunya berupa dokumen-dokumen penting kayak surat izin usaha, dokumen aset yang diagunkan, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, dan sebagainya. Selain itu, ada proses seleksi dan pemeriksaan keabsahan dokumen yang kita berikan tersebut. Jangan lupa juga, pengajuan pinjaman di bank meliputi bunga ya.

Gara-gara ini, enggak jarang, banyak juga yang merasa “engga pede” buat mengajukan pinjaman ke bank. Eits. tunggu dulu. Selain pinjaman bank, ini sumber modal yang bisa jadi alternatif buat usaha kecil kamu.
 

Tabungan Pribadi

Memang ya, peribahasa “rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”  itu bener banget. Buat kamu yang rajin menabung, selamat! Tabungan kamu bisa dimanfaatkan buat jadi modal usaha nih.

Tabungan pribadi juga dinilai punya tingkat risiko yang paling aman. Soalnya, modalnya keluar dari kantong kamu sendiri. Meskipun begitu, enggak semua jenis tabungan bisa dipakai buat modal, kayak tabungan pendidikan dan pensiun.


Nah buat kamu yang belum punya tabungan, tenang, enggak ada kata terlambat kok buat menabung. Eits, tapi tentukan dulu ya targetnya. Ini lah kenapa, modal usaha lewat tabungan pribadi kadang lebih cocok buat kamu yang enggak terburu-buru punya usaha dalam waktu dekat dan berskala besar.
 

Jual atau Gadaikan Aset

Coba cek lagi, aset yang kamu punya ada yang kira-kira bisa direlakan buat jadi modal usaha enggak?

Menjual atau menggadaikan aset bisa jadi salah satu solusi buat kamu yang mau mendapatkan modal usaha. Aset yang bisa kamu jual atau gadaikan antara lain sepeda motor, mobil, barang antik, alat elektronik, properti, perhiasan, dan sebagainya. Asal jangan hati kamu aja ya yang digadai! hihi

Antara jual atau gadai, keduanya punya keuntungan yang berbeda. Kalau kamu memilih jual, nominalnya lebih besar ketimbang menggadai. Namun, kamu enggak boleh jual sembarangan ya! Perhitungkan kembali untung-rugi dan pembeli yang terpercaya.

Sedangkan kalau kamu lebih memilih gadai, kamu bakal dapat modal tanpa kehilangan aset. Hal itu terjadi kalau kamu mampu membayar kembali aset yang kamu gadai. kalau enggak, ya siap-siap aja aset kamu diambil.
 

Pinjaman ke Orang Terdekat atau Cari Partner Berbisnis

Meminjam uang ke orang terdekat bisa jadi cara yang paling sering dilakukan untuk mendapatkan modal. Alasannya karena enggak ribet dan bebas bunga. Namun, cara ini juga mesti didukung dengan rasa kepercayaan dan tanggung jawab buat mengembalikan pinjaman.

Jangan sampai kamu meremehkan utang. Soalnya, kalau kamu melakukan hal itu ke orang terdekat, bisa jadi kamu malah enggak dipercaya oleh orang-orang terdekat kamu deh.

Nah, biar lebih aman, kamu bisa cari atau ajak siapapun yang mau jadi partner bisnismu. Dengan begini, kamu jadi bisa patungan buat modal dan membuka bisnis bersama. Jaid seru deh!