Ingin jadi Admin Keuangan Profesional? Ini Peluang Karier dan Skill yang Harus DImiliki


5 Skill yang Wajib Dimiliki Admin Keuangan Profesional


Berikut adalah skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang admin keuangan profesional ya Be-emers!


1. Kemampuan Mengoperasikan Software Keuangan dan Spreadsheet

Skill yang wajib dimiliki oleh admin keuangan profesional pertama adalah mampu mengoperasikan software keuanagan dan spreadsheet.

Admin keuangan harus mahir menggunakan Microsoft Excel, Google Sheets, dan software akuntansi seperti Accurate, Jurnal, atau Xero.

Admin keuangan yang mampu menggunakan berbagai formula perhitungan cepat seperti pivot table atau juga program validasi data, akan sangat membantu pekerjaan menjadi cepat selesai dan juga tepat sasaran.
 


2. Keterampilan Analisis Data

Skill yang wajib dimiliki oleh admin keuangan profesional berikutnya adalah keterampilan analisis data yang mumpuni. Keterampilan ini akan sangat banyak membantu admin keuangan untuk memahami rasio keuangan, cash flow, hingga penyebab fluktuasi biaya dengan baik dan efisien.


Admin keuangan yang memiliki kemampuan seperti ini, bisa dengan mudah berkolaborasi dengan tim manajemen dalam membuat keputusan bisnis berbasis data.
 


3. Literasi Teknologi AI dalam Keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, perkembangan teknologi menjadikan peran admin keuangan lebih kompleks. Admin keuangan kini dituntut untuk lebih terbiasa bekerja dengan sistem otomatisasi cepat dan akurat.

Semakin luasnya target audiens yang dituju, menjadikan tugas-tugas keuangan seperti rekonsiliasi bank otomatis, pelacakan pengeluaran, dan deteksi transaksi mencurigakan harus berjalan dengan cepat.

Ada banyak tool AI yang bisa kamu andalkan untuk proses manajemen keuangan. Salah satu yang paling populer adalah QuickBooks AI. Pemahaman yang baik terhadap platform AI untuk manajemen keuangan, akan menjadikan kamu sebagai kandidat yang unik di mata HRD (Human Resource Development).

Baca Juga: 6 Langkah Membangun Jenjang Karir untuk Fresh Graduate
 

4. Detail-Oriented

Selanjutnya ada detail oriented. Kemampuan seperti ini terdengar sepele, tetapi jika admin keuangan tidak memilikinya, maka keseluruhan dari operasional bisnis dapat terganggu. Salah input angka, salah jumlah nol, salah letak koma atau titik, dapat berakibat fatal. Kemampuan ini wajib dimiliki dan tidak bisa ditawar. 
 


5. Komunikasi dan Kolaborasi

Skill yang wajib dimiliki oleh seorang admin keuangan terakhir yang akan kita bahas di sini adalah mampu melakukan komunikasi efektif. Komunikasi efektif sendiri terjadi apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator diterima dan dipahami sama baiknya oleh komunikan.

Kemampuan seperti ini, akan sangat memudahkanmu berkoordinasi dengan tim manajemen, terlebih pada tim HR, purchasing, dan tentunya marketing.

Kemampuan seperti ini, akan meminimalkan kondisi kerja yang tidak nyaman akibat misunderstanding.
Kamu bisa meningkatkan kompetensi kerja yang dimiliki untuk menjadi admin keuangan profesional melalui banyak cara. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan atau sertifikasi BNSP.

Honorable mention, seorang admin keuangan dituntut untuk memiliki etika dan kejujuran yang tinggi. Tanpa skill ini, sebaik apapun 5 skill kamu sebelumnya, kamu tidak akan dipercaya oleh perusahaan manapun.





---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung