Kalori Brown Sugar Milk Tea, Kamu Yakin Mau Minum?

Brown sugar milk tea (Sumber: Pixabay.com)

Brown sugar milk tea (Sumber: Pixabay.com)

Like

Beberapa tahun belakangan, tengah muncul minuman menyegarkan bernama brown sugar milk tea yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak anak bahkan orang dewasa pun gemar mengkonsumsinya di berbagai kesempatan. 

Minuman populer satu ini sebenarnya adalah jenis gula yang kemudian diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan cita rasa tiada dua. Tidak mengherankan jika masyarakat menjadikannya sebagai minuman favorit.  

Bukan hanya unggul dari segi rasa semata, namun minuman ini dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan campuran gula pasir dalam proses pembuatannya. Sebelum berpikir demikian, apakah kamu tahu berapa jumlah kalori dalam satu cup minumannya ?


Jumlah Kalori yang Terkandung Pada Minuman Gula Merah 

Siapa yang tidak senang mengkonsumsi brown sugar milk tea? Namun tahukah kamu jika satu sendok teh gula pasir ternyata mengandung 16 kalori, sedangkan gula merah mengandung 15 kalori untuk satu sendok tehnya. 

Dari takaran tersebut terlihat jelas bahwa kedua jenis gula ini hampir serupa. Bahkan, berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, ternyata hasil penelitian terhadap minuman ini pun cukup mencengangkan.  

Bagaimana tidak, sebab kandungan kalori pada mnuman gula merah ataupun bubble tea, ternyata jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan minuman bersoda sekalipun. Inilah mengapa kamu harus mengurangi konsumsi minuman ini sebelum terlambat. 


Misalnya saja minuman populer ini berukuran 500 ml mengandung 92 gram gula, maka jumlah kalorinya disebut tiga kali lebih banyak dari sekaleng minuman bersoda. Tidak berhenti sampai disana, bahkan penelitian dilakukan pada merk minuman populer.

Hasil penelitian ini pun kembali mengejutkan publik, lantaran jumlah kalori yang terkandung di dalamnya dirasa cukup melimpah. Dimana segelas brown sugar milk tea ternyata mengandung sekitar 92.5 gram gula, atau setara dengan 18.5 sendok teh gula. 

Sedangkan satu gelas jasmine green tea with fruit mengandung 42 gram gula, atau setara 8.5 sendok teh gula. Tentu saja jumlah tersebut tidak bisa dikategorikan sedikit, karena umumnya masyarakat menjadikannya sebagai minuman pendamping makanan lainnya. 


Anjuran Asupan Gula Dalam Sehari

Usai mendapatkan informasi di atas, kemungkinan kamu akan bertanya berapa jumlah asupan gula yang dianjurkan dalam satu harinya bukan?

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 30 Tahun 2013 menyebutkan bahwa seseorang idealnya mengkonsumsi gula sekitar 10 persen dari total energi atau 200 kkal, atau setara dengan empat sendok makan setiap harinya. 

Sedangkan untuk satu botol minuman populernya bisa mencapai 18.5 gram gula, yang tentunya melebihi dari anjuran yang diberikan. Apabila kondisi tersebut terus terjadi, ditakutkan akan membahayakan kesehatan.

Lalu bagiamana caranya agar kamu tidak kecanduan mengkonsumsinya? Tidak ada salahnya membeli minuman tersebut. Namun, kamu perlu mengurangi kadar gulanya atau langsung memesan minuman less sugar sebagai pilihan terbaik. 

Agar tidak terkejut, cobalah pesan brown sugar milk tea dengan tingkat gula yang awalnya dari 70 persen menjadi 50 persen selanjutnya. Dengan cara ini, diharapkan kamu akan terbiasa dengan rasa yang tidak terlalu manis. 

Melihat tingginya minat untuk mengkonsumsi minuman gula merah populer satu ini, rasanya tidak asing ketika mendapatinya masuk sebagai salah satu menu favorit di salah satu kedai kopi langganan. 

Mencampurkan gula merah dalam proses pembuatannya, masyarakat pun menganggap bahwa minuman satu ini layak dikonsumsi tanpa perlu takut akan efek sampingnya. Bahkan ada pula yang mengaku kecanduan mengkonsumsinya. 

Namun pernahkan terbesit pikiran berapa jumlah kalori dalam satu botol minumannya? Setelah mengetahui banyaknya kalori yang tersimpan di dalamnya, tampaknya kamu harus mengurangi konsumsi minuman tersebut demi kesehatan tubuh di masa mendatang.

Saat ini dengan adanya wabah COVID-19, kita jadi betul menyadari bukan kesehatan tubuh kita? Kalau begitu, kawula muda mulai rawat dan jaga kesehatan kamu, ya! Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat!

Baca juga: Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!