Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!

Cara buat podcast di spotify

Cara buat podcast di spotify

Like

Podcast menjadi salah satu tren yang digemari oleh kalangan muda hingga dewasa. Untuk bisa mendengarkan podcast, kamu hanya harus mendownload Spotify yang menyediakan layanan streaming podcast. 

Konten yang berbentuk audio digital ini biasanya memiliki banyak sekali topik menarik yang dibicarakan. Kata podcast sendiri sebenarnya berasal dari gabungan iPod dan broadcasting

Menurut Bisnis.com pada salah satu artikel yang membahas jangka panjang bisnis podcasting, disebutkan jika bisnis ini sangat memiliki peluang yang besar ke depannya. 

Dikarenakan mendengarkan itu bisa menjadi second activity, dimana market Indonesia sebetulnya juga sangat agresif dengan teknologi ini. Dinyatakan bahwa pendengar podcasting meningkat hingga 3,6 juta sejak Februari 2020 ini. 

Setelah kamu mulai mengetahui apa itu podcast, alangkah baiknya kamu mulai membuat podcast produksimu sendiri. Ada beberapa cara buat podcast di Spotify yang wajib diikui. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut tips untuk memulai membuat podcast bagi pemula 


Mempersiapkan Alat 

Sebelum kamu mulai untuk membuat podcast, ada baiknya untuk mengetahui beberapa peralatan lengkap sebagai  pendukungnya. Beberapa peralatan yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk dijumpai. 


Kamu harus memiliki mikrofon, komputer atau laptop, mixer, webcam atau kamera, pop filter dan aplikasi Audio Editing. Jika kamu sudah mempersiapkan beberapa peralatan tersebut, maka membuat podcast akan lebih mudah dan profesional. 

Namun jika kamu tidak memiliki budget yang besar untuk membuat podcast maka hanya wajib untuk memiliki komputer, mikrofon dan aplikasi audio editing. Bagaimana peralatan elektronik tersebut cukup mudah ditemukan bukan? 
 

Menentukan Topik 

Jika kamu sudah mempersiapkan beberapa alat tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menentukan topik bahasan. Penting sekali untuk menentukan topik bahasan yang kiranya benar benar pahami. 

Akan lebih baik jika kamu membuat podcast yang banyak disukai oleh banyak orang sehingga banyak pendengar yang tertarik dengan konten yang kamu buat. Kamu juga harus memilih topik yang belum banyak dibahas sebagai cara buat podcast di Spotify untuk meningkatkan popularitas. 


Membuat Narasi Konten 

Cara yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan membuat narasi yang ingin kamu sampaikan pada saat take audio. Narasi dalam sebuah podcast akan memudahkan untuk memandu jalannya podcast dengan baik. 

Namun jangan sampai kamu malah terpaku dengan narasi yang sudah disiapkan. Kembangkan narasi tersebut, sehingga bisa terlihat lebih alami dan tidak seperti membaca teks. 


Take Recording 

Hal yang paling penting untuk dilakukan saat membuat podcast adalah melakukan recording. Tanpa melakukan recording, maka podcast mu tidak akan pernah didengarkan oleh masyarakat luas. 

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengambil suara dengan jelas adalah Audacity yang bisa didapatkan untuk Windows dan Mac Os. Setelah memastikan mikrofon terhubung, cara buat podcast di Spotify selanjutnya adalah membuka aplikasi Audacity. 

Kemudian kamu bisa merekam podcast sesuai dengan narasi dan topik yang sudah dituliskan sebelumnya. Pastikan kamu sudah mendengarkan kembali rekaman yang sudah kamu buat tersebut. 

Jangan lupa untuk melakukan editing setiap suara yang sudah terekam sehingga enak untuk didengar. Kamu bisa mengedit rekaman sesuai dengan part part yang sudah kamu susun. 


Upload ke Spotify 

Selesai mengambil rekaman, maka langkah selanjutnya adalah mengunggah hasil audio ke Spotify. Jangan lupa untuk memberikan nama file yang menarik beserta image diri kamu. 

Pemilihan warna dan desain sangat penting untuk mewakili podcast yang kamu buat tersebut. Untuk mengunggah podcast, maka kamu bisa masuk pada halaman Spotify dan memilih bagian submit your podcast. 

Selanjutnya kamu hanya harus mengikuti beberapa perintah saat mengunggah podcast. Cara buat podcast di Spotify ini sangat mudah dilakukan karena memberikan akses pada semua orang. 

Untuk bisa meningkatkan popularitas podcast yang kamu buat, maka alangkah baiknya untuk menentukan target pendengar terlebih dahulu. Sehingga akan memudahkan kamu untuk mencari topik yang sesuai. 

Enggak kalah penting, jangan takut untuk mencoba untuk membuat podcast. Karena rasa takut adalah salah satu yang harus di lawan di dalam diri masing masing individu untuk mencapai kesuksesan.

Kamu bisa, mulai temukan hal yang kamu senangi untuk membicarakannya dengan siapapun. Kamu pasti punya, Semangat! Kalau bingung coba cari dan ulik-ulik referensi topik atau konten kamu dari post-post artikel yang ada di Bisnis Muda. 

Baca jugaIngin Menjadi Orang Yang Efektif? Ini Tipsnya