Lestarikan Budaya Nusantara, Jadi Reseller Produk Kreasi Tenun Aja!

Tenun - Canva

Tenun - Canva

Like

Tenun merupakan salah satu motif khas nusantara yang proses pembuatannya dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Terbuat dari serat kayu, kapas,  hingga sutra, setiap daerah di Indonesia punya motif kain tenun yang berbeda-beda lho. Hal itu tentunya dipengaruhi oleh kultur masyarakat setempat.

Beberapa jenis kain tenun yang cukup populer di Indonesia antara lain tenun Pandai Sikek dari Sumatera Barat, Ulos dari Sumatera Utara, Songket dari Palembang, Gringsing dari Bali, Troso dari Jawa Tengah, Tenun Doyo khas Kalimantan Timur, serta tenun Toraja.

Selain itu, kain tenun juga banyak sekali ditemui di daerah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Adapun, jenis-jenis kain tenun yang ada di sana antara lain tenun ikat, Buna, Lotis (Sotis/Songket), dan tenun Sasak.

Dibuat dengan bahan dan proses yang enggak sembarangan, membuat harga sebuah kain tenun juga cukup tinggi. Meski begitu, demand terhadap tenun tetap saja tinggi lho, Be-emers.


 

Reseller Produk Kreasi Tenun

Nah, buat kamu yang tertarik berbisnis produk kreasi tenun, ternyata kamu juga bisa berpeluang buat jadi reseller nih, Be-ermers!

Memproduksi sepatu, tas dan aksesoris dari kain tenun, Paula Stela Landowero, dilansir dari laman Bisnis, telah bekerja sama dengan supplier kain tenun dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kondisi pasar kerajinan tenun yang masih menantang, membuat Paula termotivasi untuk mengeksplorasi kain tenun NTT guna melestarikan kekayaan budaya nusantara.

Nah, dalam bisnis yang namakan Namora Etnik ini, Paula juga punya mitra bisnis untuk memasarkan produknya, bahkan hingga ke luar negeri lho! Hal ini tentunya membuka peluang kamu untuk bermitra dengan menjadi dropshipper atau reseller dari Namora Etnik.

Baca juga: Mending jadi Reseller, Dropshipper, atau Jastip buat Berbisnis?

Adapun, Konsumen Namora Etnik ini berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Namun, dari beberapa daerah itu, pembeli dari luar Pulau Jawa masih lebih dominan.

Mampu menjual kurang lebih 250 pasang sepatu bermotif tenun, harganya sepasang sepatu buatannya dibanderol antara Rp230 ribu hingga Rp300 ribu per pasang. Sedangkan tas dan dompet tenun dan kombinasi kulit, harganya dibanderol mulai dari Rp200.000 per item.

Tertarik untuk jadi reseller atau dropshipper bisnis kreasi tenun nusantara?

Tonton juga kisah bisnis kain tenun yang keren lainnya di sini ya!