Bagaimana Membuat Meme Marketing Lucu tapi Tetap Profesional?
Untuk brand yang memiliki jiwa profesional tinggi, menerapkan meme marketing pastinya bakal jadi tantangan tersendiri.Pebisnis yang berada di dalam model bisnis ini tentu akan berpikir dua kali sebelum benar-benar menerapkan dan membagikan konten meme.
Alasannya jelas, mereka tidak mau citra profesional yang tercipta, rusak atau berganti begitu saja dengan citra lucu khas dari konten meme.
Lalu, bagaimana caranya menerapkan strategi meme marketing yang lucu tetapi tetap profesional? Berikut ini adalah beberapa tips dan trikya, dimulai dari:
- Menentukan tujuan dan target audiens. Ini artinya meme marketing yang kamu kreasikan bersifat spesifik dan tidak mengandalkan konsep riding the wave. Konten kamu mungkin tidak lucu bagi semua orang, tetapi lucu bagi audiens yang memang memiliki ketertarikan yang sama. Pahami bahwa setiap selera humor orang itu berbeda-beda.
- Memperhatikan timing yang tepat. Selanjutnya adalah dengan memperhatikan timing yang tepat. Jangan sampai kamu menggunakan konten meme yang sudah usang. Itu malah akan menjadikan brand kurang up-to-date atau layaknya boomers yang berasa ingin keren di depan Gen Z tetapi gayanya masih "jadul banget"
- Pastikan konsep meme tidak melanggar prinsip atau nilai utama bisnismu. Hal ini penting untuk disadari karena kebanyakan pebisnis yang menggunakan konsep meme marketing, sering kelupaan akan identitas bisnis mereka sendiri. Orang-orang yang follow akun bisnismu, bisa jadi bukanlah orang-orang yang ingin membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan, tetapi hanya untuk ingin mendapatkan konten hiburan saja.
Hal ini bisa saja diatasi apabila kamu menerapkan strategi cadangan seperti memanfaatkan fitur monetisasi dari setiap media sosial yang ada.
Baca Juga: Pengin Jago Digital Marketing? 5 Buletin yang Membahas Tips Bisnis di LinkedIn
Inilah penjelasan lengkap tentang meme marketing. Semoga penjelasan ini bermanfaat ya!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.