Susah Cari Ide Bisnis? Begini Caranya Agar Sesuai di Era Milenial

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Sejumlah teman kamu sudah punya usaha sendiri. Ada yang sambil kerja kantoran sambil bisnis kecil-kecilan, ada juga yang serius menjalani bisnis hingga sudah bekembang pesat.

Gimana dengan kamu, Be-emers?

Hal paling mendasar ketika ingin memulai bisnis adalah mencari ide. Nah, dalam tahap ini, ada yang dengan mudah mendapatkannya, namun enggak jarang hanya berujung wacana.

Susah-susah gampang, sebenarnya ide itu bisa kamu dapatkan dari mana saja lho, Be-emers!

Nah, buat kamu yang lagi galau mau mulai bisnis apa, terutama untuk milenial, mungkin beberapa cara ini bisa kamu lakukan.


 

Mengikuti Pameran Wirausaha

Kadang, kebiasaan sehari-hari, atau bahkan riset di internet, enggak mampu membuat kamu mendapatkan bisnis.

Menurut Pemilik Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono, dikutip dari Bisnis, kamu bisa coba untuk mengikuti pameran-pameran yang menawarkan ide bisnis. Nantinya, kamu bisa berkembang hingga jadi peserta pameran.

 

Kolaborasi

Kalau kamu bingung, kamu bisa coba untuk melakukan kolaborasi terlebih dahulu dengan pengusaha yang telah matang. Misalnya, kamu bisa menjadi mitra franchise yang sudah ada sebagai bentuk memulai keberanian berbisnis.

Soalnya, menurut Hendy, tren bisnis di kalangan milenial ini lebih condong ke kolaborasi. Kolaborasi tersebut tentunya akan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis.

 

Langsung Eksekusi

"Berhenti membuat rencana, melangkahlah!"


Kutipan dari pengusaha sukses Bob Sadino tersebut, tentu saja jadi pengingat bahwa, kamu enggak perlu terlalu lama berpikir tanpa adanya langkah yang konkrit.

Soalnya, menurut Hendy, ada juga pengusaha yang bisa sukses dengan langsung melakukan eksekusi. Soalnya, sebuah bisnis itu bersifat dinamis, enggak ada jawaban benar dan salah.


Jadi, mana yang kamu pilih, terus cari inspirasi ide atau langsung eksekusi aja nih, Be-emers?