Kata Siapa Millennial Gak Bisa Cepat Punya Rumah Sendiri. Ini Bocoran Tipsnya

Ilustrasi milenial membeli rumah. sumber: freepik

Ilustrasi milenial membeli rumah. sumber: freepik

Like
Konon katanya kaum milenial itu gak akan bisa beli rumah sendiri sebelum umur 30 tahun. Karena milenial identik dengan perilaku konsumtif. Belum lagi dengan alasan harga rumah yang kian melambung tiap tahunnya. Tapi semua itu tentu bisa direalisasikan dengan tips berikut :
 

Tentukan Target Kapan Membeli Rumah

Sebagian besar orang menentukan target beli rumah sebelum umur 30 tahun. Tapi sebenarnya menentukan target kapan beli rumah idealnya disesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan kamu sekarang. Tidak perlu disamaratakan sebelum usia 30 tahun kalau memang tabungan kamu belum memenuhi untuk membeli rumah sendiri.
 

Tetapkan Prioritas Untuk Menabung

Dari target waktu kapan mau membeli rumah, disitu kamu baru bisa tetapkan prioritas keuangan bulanan kamu untuk tabungan membeli rumah dan juga kebutuhan sehari-hari. Biar lebih cepat terealisasi, kamu harus kencangkan ikat pinggang dari kebutuhan-kebutuhan tersier yang kurang penting.
 

Coba Berinvestasi

Mencoba untuk mulai berinvestasi tidak ada salahnya untuk menambah banyak pundi-pundi tabungan kamu. Tentu kita harus cermat dalam memilih investasi dengan melihat return yang dinilai realistis ya. Jangan sampai tergiur return yang menjulang tapi ternyata investasi bodong. Manfaatkan financial planner atau manager investasi untuk mengatur investasi kamu agar tetap cuan.
 

Cari Pemasukan Tambahan

Buat kamu yang masih belum berani berinvestasi, bisa coba cari pemasukan tambahan seperti menjadi freelancer atau buka usaha dengan berjualan online. Hasilnya bisa buat nambah tabungan kamu deh biar cita-cita punya rumah sendiri bisa cepat tercapai.

Setelah tabungan kamu kira-kira cukup untuk membeli rumah atau setidaknya untuk DP rumah, baru deh mulai mencari lokasi rumah yang strategis dan juga sistem pembayaran yang sesuai dengan kemampuan kamu. Sekarang sudah tidak jarang developer yang menawarkan pembelian rumah dengan DP Rp 0,- atau dengan pembayaran tanpa riba dengan sistem syariah. Jadi semua bisa kamu tentukan sesuai kemampuan kamu agar tidak memberatkan kedepannya.