4. Buat Permintaan Maaf Tulus-KFC yang Kehabisan Ayam
Unik, mungkin inilah kata yang pas untuk menggambarkan cara KFC, brand ayam goreng ternama di dunia dalam mengatasi keluhan pelanggannya. Februari tahun 2018, KFC di Inggris mengalami krisis pasokan ayam.Krisis ini berimbas pada 900 gerai di seluruh negeri yang terpaksa tutup sementara. Alih-alih datang dengan permintaan maaf biasa, KFC melakukan pendekatan yang lebih unik.
Mereka meminta maaf dengan membuat pengumuman besar bergambar bucket KFC yang diberi tulisan “FCK” bukan “KFC” seperti biasanya. Permintaan maaf yang unik ini membantu KFC untuk tetap eksis meski berada di masa sulitnya.
5. Uji Coba Berkala Produk-Samsung dengan Galaxy Note 7 yang Meledak
Terakhir, datang dari brand smartphone asal Korea Selatan, Samsung. Di tahun 2016, Samsung mengeluarkan produk baru bernama Samsung Galaxy Note 7.Produk ini langsung meledak di pasaran. Bahkan benar-benar meledak dalam arti yang sebenarnya. Produk ini memiliki ketahanan yang rendah terhadap suhu panas. Cepat panas terlebih jika dicharge, bahkan untuk waktu yang tidak lama.
Ada banyak insiden baterai Galaxy Note 7 yang mudah terbakar bahkan meledak. Karena hal inilah Samsung kemudian mengambil langkah cepat dengan menarik Galaxy Note 7 di pasaran.
Penarikan produk jelas memberikan Samsung kerugian yang sangat besar. Tetapi, langkah service recovery yang Samsung tidak berhenti sampai di situ.
Baca Juga: Pentingnya Public Speaking Kala Krisis Kepercayaan: Manfaat dan Cara Melakukannya dengan Baik
Perusahaan telah melakukan dedikasi 120 hari penuh untuk menguji setiap produk baru yang keluar, lengkap dengan ketahanan baterainya.
Mereka juga melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menguji keamanan produk. Lebih jauh, mereka bahkan mengembangkan software yang dapat mematikan Galaxy Note 7 yang masih tersisa di pasaran.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara brand melakukan service recovery-nya. Semoga penjelasan ini dapat menjadi inspirasi dan referensi untuk kamu ya Be-emers!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.