Trading Saham, Tapi Masih Bingung? Ini Tips Bagi Pemula

Proses trading saham (sumber gambar : diskartes.com)

Proses trading saham (sumber gambar : diskartes.com)

Like
Investasi merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengelola keuangan, saat ini investasi yang sangat digandrungi oleh orang banyak adalah Investasi saham. Hal tersebut merupakan salah satu fenomena unik yang terjadi dikarenakan berbagai macam keuntungan dalam investasi saham.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang saham, ditinjau dari pengertiannya, saham adalah  surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan.

Di Indonesia pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem juga sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka adalah Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam membeli saham, investor tidak dapat berinteraksi secara langsung akan tetapi harus melalui perantara atau perusahaan sekuritas saham (broker). Untuk mempelajari lebih detail mengenai saham bagi investor pemula, BEI memberikan fasilitas sharing knowledge berupa sekolah pasar modal (SPM) level 1 dan level 2.
 
Never invest in a business you cannot understand
- warrent baffet

Berikut keuntungan yang dapat diperoleh dalam berinevstasi saham :
  1. Modal untuk investasi sangat terjangkau dimulai dari Rp. 100.000 tergantung kebijakan dari broker yang dipilih
  2. Bisa melakukan investasi dimana saja (flexibility)
  3. Risiko kerugian telatif kecil sepanjang modalnya yang disertakan juga kecil
  4. Keuntungan yang didapatkan tidak terbatas
Bagi pemula investor saham langkah yang paling tepat untuk dilakukan adalah membeli saham perusahaan indeks LQ-45.

Indeks tersebut merupakan indeks pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdiri dari 45 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu. Pada indeks tersebut, proses antara supply dan demand relatif cuku tinggi sehingga untuk pemula lebih mudah dalam mengatur jual beli saham yang dimiliki.

selain itu metode yang dapat dilakukan dalam trading saham bagi pemula yaitu melakukan analisis fundamental menggunakan laporan keuangan sebagai basis untuk menilai atau valuasi saham, dengan melihat tiga hal penting, yaitu:
  • Menilai kinerja dan kondisi perusahaan “apakah memiliki performance keuangan yang bagus dan berkesinambungan”
  • Menetapkan acuan harga wajar saham yang akan menjadi patokan untuk melakukan keputusan jual beli saham, Memonitor dan mengevaluasi saham secara rutin untuk memastikan apakah saham masih layak investasi atau tidak.
     
Kemudian, terdapat cara lain yang bisa diterapkan dalam trading saham agar tidak mengalami kerugian dengan membaca seluruh informasi yang berkaitan dengan trend perusahaan yang ingin dibeli di pasaran.

Dengan demikian, investor dapat dengan mudah menganalisa baik atau buruk jika membeli saham perusahaan tersebut. Sehingga, speakulasi yang diharapkan dapat tercapai. Sudah sepatutnya, berinvestasi bisa dijadikan gaya hidup.