Update Saham Bisnis Muda, Edisi 8 Juni 2020

Update Saham Bisnis Muda

Update Saham Bisnis Muda

Like

Siapa yang senyum sumringah lihat IHSG pagi ini? Lanjut menguat dari perdagangan sebelumnya, IHSG langsung tembus level 5.020,94 di awal perdagangan hari ini (8/6). Gokil!

Di pembukaan bursa, IHSG melonjak lebih dari 1%. Hijaunya IHSG ini, membawa 277 saham yang ada di dalamnya menguat.

10 sektor yang ada di IHSG bergerak positif. Lagi-lagi, sektor properti memimpin penguatan dengan kenaikan 2,88%. Ada juga sektor pertanian yang berada di posisi kedua dengan penguatan sebesar 2,77%.

Adapun, di penguatan pagi ini, saham BBRI laku diborong asing nih. BBRI mencetak net buy Rp55,6 miliar. Sahamnya pun langsung menguat 9,49% selama sepekan terakhir.

Penguatan ini bakal terus berlanjut enggak ya?


Horeee.. IHSG akhirnya berhasil mengakhiri penutupan hari ini dengan parkir di level 5.070,56. Reli ini terlihat dari pergerakan IHSG yang konsisten positif.

Dengan begitu, seluruh 10 sektor yang ada di dalamnya ditutup positif. Kali ini, penguatan dipimpin oleh sektor finansial yang naik 4,46%.

Kemudian ada sektor pertanian di posisi kedua dengan kenaikan 3,82?n di susul sektor properti 2,91%. Total ada 303 saham yang menguat, dimana BBRI dan BBCA jadi saham utama pendorong hijaunya IHSG hari ini.

Kinerja Emiten

Apakah kamu termasuk yang sudah mulai beraktivitas normal di luar rumah hari ini, Be-emers? Sebelumnya, selama #DiRumahAja, baik yang work from home  atau school from home, semuanya tergantung banget sama yang namanya jaringan telekomunikasi.

Sebentar lagi new normal bakal berjalan, terus gimana ya nasib kinerja emiten telekomunikasi?

Dilansir dari Bisnis.com, sektor telekomunikasi dinilai masih bakal cuan di kuartal II/2020 nih. Hal ini seiring dengan masih tingginya penggunaan jaringan internet untuk konsumsi digital kayak video conference, online streaming, dan lain-lain.

Adapun di akhir bulan Mei 2020 lalu, sejumlah emiten telekomunikasi berhasil  membukukan kenaikan trafik lho. Hal itu terjadi seiring dengan banyaknya pemakaian internet dan data seluler selama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Soalnya di tengah pandemi ini, jadi banyak yang enggak bisa mudik, dan lebih memilih tetap bersilaturahmi lewat video conference. Kamu juga yang termasuk kayak gitu juga enggak nih, Be-emers?

Selama masa PSBB ini, trafik layanan data PT XL Axiata Tbk (EXCL) berhasil naik 25%. Sementara itu, emiten plat merah PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) juga mengalami kenaikan trafik 22,28%.