Amunisi Weekend Kamu, Ini Rekomendasi Buku dari Bill Gates dan Warren Buffett

Book - Canva

Book - Canva

Like

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memberikan “amunisi” untuk diri kita setelah selama beberapa hari beraktivitas. Apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengisi energi di kala weekend?

Selain jalan-jalan atau olahraga, melakukan kegiatan lain seperti bersantai sambil mendengarkan musik, podcast, menonton televisi atau film di layanan streaming juga bisa kamu lakukan kok untuk membuat kamu kembali semangat!

Enggak cuma itu, membaca buku juga bisa jadi pilihan nih. Selain ilmu kamu akan bertambah, membaca buku tentu akan memberikan inspirasi dan motivasi.

Ternyata, hal itu juga dilakukan oleh penguasa sukses sekaligus orang-orang terkaya di dunia, yakni Bill Gates dan Warren Buffett. Lalu, apa sih buku favorit mereka yang bisa jadi rekomendasi bacaan kamu di akhir pekan?
 

Kumpulan Cerita “Business Adventure”

Dikutip dari laman Bisnis, ketika Bill Gates bertemu Warren Buffett untuk pertama kalinya pada tahun 1991 dan bertanya kepadanya apa buku favoritnya, Buffett merekomendasikan sebuah kumpulan cerita.

Nah, kumpulan cerita yang berhasil memikat keduanya itu adalah Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street. Kumpulan cerita tersebut merupakan karya dari kontributor The New Yorker bernama John Brooks.


Nah, buat kamu yang penasaran, Business Adventures ini menceritakan selusin kisah dari perdagangan di pertengahan abad ke-20.

Namun, cerita tersebut dibawakan dengan gaya yang membosankan dan didorong oleh karakter. Soalnya, sebenarnya nih, kumpulan cerita tersebut adalah kumpulan dari terbitan The New Yorker sebelumnya.

Meski begitu, “Business Adventure” dinilai bisa memicu emosi. Di satu sisi, penelitian menunjukkan bahwa emosi menanamkan ingatan lebih dalam di benak kita lho!

Makanya, enggak heran deh kalau Buffett suka banget baca “Business Adventure”. Soalnya, dia bisa belajar tentang bisnis melalui cerita.

Nah, beberapa cerita dari “Business Adventure” yang populer di antaranya:
  • Inovasi Xerox, di mana perusahaan mendanai penelitian Ethernet secara ekstensif pada tahun 1970-an, yang justru membuka pintu bagi perusahaan lain untuk maju ke depan dan memanfaatkan peluang.
  • Peluncuran Ford Edsel, kisah tentang ketepatan waktu penelitian pelanggan, pentingnya kualitas produk, dan perubahan keinginan pasar.
  • Perdagangan orang dalam (insider trading), yang berbagi cerita tentang bagaimana undang-undang perdagangan orang dalam menjadi lebih ketat ditegakkan setelah terungkapnya korupsi di Texas Gulf Sulphur pada 1959 di tengah melonjaknya keuntungan investor.