Insomnia dan Tips Agar Bisa Tidur Cepat

Sleep - Canva

Sleep - Canva

Like

Manusia membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan energinya di esok hari. Umumnya waktu tidur dikatakan cukup juga sudah lebih dari enam jam setiap hari.

Menurut Bisnis.com sulit tidut yang terjadi secara terus menerus wajib dikonsultasikan, karena bisa jadi ini salah satu gejala insomnia. Jika iya, maka kamu patut waspada terhadap produktivitasmu. 

Namun tidak semua orang bisa istirahat dengan mudah di malam hari. Pasalnya beberapa orang mengalami gangguan tidur sehingga sering terjaga di malam hari.

Hal ini tentu bisa berdampak pada produktivitas yang menurun di pagi harinya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan menerapkan cara agar bisa tidur lebih cepat, seperti di bawah ini


Penyebab Seseorang Mengalami Insomnia

Sebelum membahas mengenai tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tidur. Maka kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan kamu insomnia.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang memicu gejala insomnia, salah satunya yaitu mengalami masalah berat yang berakibat pada stres. Kondisi ini kerap menjadi penyebab insomnia yang utama.


Biasanya orang yang mengalami depresi maupun stres akan dipenuhi oleh banyak pikiran yang mengganggu. Beban pikiran inilah yang membuat seseorang sulit tidur. 

Depresi yang berkepanjangan juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia. Bahkan stres dan kecemasan menjadi setengah dari penyebab insomnia yang dialami oleh masyarakat di dunia.

Kendati demikian, insomnia juga bisa disebabkan karena kegiatan fisik yang terlalu banyak. Umumnya orang yang memiliki kesibukan tinggi, akan mengurangi jam istirahatnya.

Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan kebiasaan baru, yaitu jadwal tidur yang tidak teratur. Sehingga kamu perlu menerapkan cara agar bisa tidur cepat. 

Selain itu, penyebab insomnia juga dikarenakan kamu sering minum kopi seharian. Kafein yang terkandung di dalam kopi menyebabkan seseorang terjaga seharian.

Banyak orang yang sering mengonsumsi kafein lantaran karena memang ingin begadang seharian. Namun jika dilakukan terus menerus, maka hal ini bisa berdampak pada gangguan tidur.

 

lala

Cara agar bisa tidur (Format: Pixabay.com)



Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Insomnia 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gangguan tidur. Salah satu tips yang efektif yaitu dengan mandi air hangat terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari. 

Mengingat kafein bisa menyebabkan kamu kesulitan tidur, maka sebaiknya kamu mengurangi konsumsinya. Mungkin tidak menjadi masalah jika kamu hanya mengkonsumsinya sesekali saja.

Cara agar bisa tidur lebih cepat juga dapat dilakukan dengan mematikan peralatan elektronik seperti tablet maupun telepon seluler. Cahaya yang dikeluarkan oleh ponsel bisa menyebabkan terbangun di malam hari.

Selain itu, kamu  juga perlu mengatur jadwal tidur agar lebih disiplin. Pastikan kamu sudah bersiap untuk tidur di awal waktu, karena semakin malam kamu akan semakin kesulitan untuk tidur.

Kamu juga perlu mengusahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak sesaat sebelum tidur. Hal ini karena tubuhmu akan bekerja lebih keras untuk mencerna lemak, sehingga kamu kesulitan untuk tidur.

Kondisi ini berbeda dengan saat kamu konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Beberapa ahli mengatakan jika makanan berkarbohidrat bisa membuat akan semakin cepat tidur.

Karbohidrat yang ada di dalam tubuh bisa meningkatkan jumlah hormon tryptophan sehingga membuatmu mudah menggantung. Namun cara agar bisa tidur cepat ini perlu  penelitian lebih lanjut.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Kamujuga bisa melakukan latihan pernapasan sebagai salah satu cara untuk tidur lebih cepat.

Menata kamar tidur agar lebih nyaman juga bisa menjadi solusi yang tepat. Pasalnya beberapa orang kesulitan tidur saat berada di kamar yang terang dan cukup ramai.

Pastikan untuk tidak menambah kegiatan menjelang tidur seperti bermain game atau menonton film. Mengingat hal ini bisa menyebabkanmu kecanduan dan akhirnya enggan untuk tidur lebih cepat. 

Simak juga: Bagaimana Belajar Mencintai Diri Sendiri?