Pandemi Bukanlah Halangan, Intip Cara Industri K-Pop Bertahan

Korea - Canva

Korea - Canva

Like

Di kala dunia dilanda oleh pandemi, berbagai industri melakukan berbagai pembaharuan dan penyesuaian agar dapat tetap bertahan. Termasuk salah satunya adalah industri musik.

Pada awal pandemi, berbagai konser yang dilakukan secara offline dan melibatkan banyak kerumunan otomatis dibatalkan. Antara Sang Artis dengan penggemarnya menjadi tidak bisa dilakukan secara langsung.

Padahal, interaksi langsung antara penyanyi dengan penggemar merupakan salah satu unsur pokok dalam industri musik.

Lalu, apa yang dilakukan industri musik agar tetap bisa berjalan secara baik walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung? Kita bisa mengintip dari salah satu industri musik K-Pop yang akhir-akhir ini mendapatkan sorotan karena cara mereka untuk bertahan di kala pandemi.

Mengulik dari berbagai cerita penggemarnya atau biasa disapa dengan Kpopers, pandemi bukanlah halangan bagi mereka untuk bisa berinteraksi dengan Sang Artis atau biasa disebut dengan idol.


Bahkan, sistem interaksi terbaru yang ditawarkan oleh industri K-Pop dinilai lebih baik karena dapat menarik hingga penggemar global untuk bisa mendapatkan peluang yang lebih besar berinteraksi dengan idolnya.

Kira-kira inovasi apa saja ya yang ditawarkan oleh industri K-Pop untuk tetap bisa menjaga interaksi anata idol dengan penggemarnya?


Baca Juga: Begini Caranya Agar Tetap Meraih Cuan Lewat Bermusik di Masa New Normal


 

Sumber: en.yna.co.kr

Sumber: en.yna.co.kr


Konser online.

Konser ini merupakan bentuk baru yang ditawarkan di kala pandemi. Konser online dinilai lebih efektif karena tidak menciptakan kerumunan, masing-masing penggemar dapat menikmati sajian panggung secara nyaman di perangkatnya masing-masing.

Terhitung dari awal pandemi, beberapa grup K-Pop telah banyak menyelenggarakan konser online secara mandiri, dari grup yang sudah memiliki nama yang besar hingga grup yang baru saja memulai kariernya di industri musik.

Beberapa grup yang sudah menyelenggarakan konser antara lain SUPER JUNIOR, BTS, NCT, IZ*ONE, TWICE, MONSTA X, GOLDEN CHILD, ONEWE, dan masih banyak lagi. Konser online memberikan efek yang baik terutama bagi grup-grup baru dan bagi grup yang memiliki fans dominan dari luar Korea Selatan.


Tayang lewat platform dan situs khusus.

Penyelenggaraan konser online dilakukan dalam berbagai situs dan platform. Ada yang menggunakan platform khusus seperti Vlive, Weverse, hingga kerja situs seperti Naver. Kebanyakan platform dan situs tersbeut tidak hanya dinikmati oleh penggemar di negara asalnya, tapi penggemar global juga dapat turut menikmati konser secara bersamaan.

Penjualan tiket pun cukup mudah. Jika di Vlive, penggemar global bisa dengan mudah membelinya melalui kartu debit, kredit, bahkan bisa lewat pulsa hingga gopay. Transaksi yang mudah dan aman menjadi nilai plus tersendiri bagi para penggemar.

Selain itu, di kalangan penggemar K-Pop Indonesia juga sempat ramai dengan terselenggaranya KCON:TACT yang merupakan konser online dengan membawakan lebih dari 30 grup K-Pop. Konser online ini diselenggarakan selama 7 hari dan ditayangkan pada platform Shopee.


Official merchandise konser.

Disamping penyelenggaraan konser, kebanyakan grup K-Pop juga turut menjual official merchandise dari konser online mereka yang dijual dalam waktu yang terbatas menjelang hari konser. Barang ini menjadi barang yang langka dan paling diminati oleh para penggemar setia mereka.

Kebanyakan merchandise yang ditawarkan seperti kaus, topi, tas, hingga perintilan-perintilan lainnya seperti photo card, post card, dan masih banyak lagi.

Nah, mungkin di antara kamu ada yang punya pengalaman pernah ikut konser online? Yuk, bisa bagikan pengalaman seru kamu bertemu dengan idol kesayangan secara virtual.

Baca Juga: Merchandise K-Pop: Peluang Cuan dari Fans Oppa dan Eonni Korea